Bupati Bojonegoro Ajak Suami dan Sekpri ke Inggris Pakai APBD Hampir Rp1 Miliar

Dedi Mahdi · Kamis, 13 Juni 2019 - 09:36 WIB
Bupati Bojonegoro Ajak Suami dan Sekpri ke Inggris Pakai APBD Hampir Rp1 Miliar

Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto menolak berkomentar soal lawatan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan rombongan ke Inggris, Kamis (13/6/2019). (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Anna Mu’awanah bersama suami, sekretaris pribadi (sekpri), dan dua pejabat berangkat ke London, Inggris. Kunjungan kerja mereka ini menghabiskan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hampir Rp1 miliar.

Kepergian Bupati Bojonegoro dan rombongan ini mendapat sorotan dari masyarakat karena menggunakan dana APBD yang angkanya cukup fantastis. Di media sosial, masyarakat mempertanyakan tujuan lawatan Bupati Bojonegoro yang turut membawa suami dan sekrinya itu.

Sementara informasi dari Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Bojonegoro Heru Sugiarto, kepergian Bupati Bojonegoro ke Inggris Raya untuk menghadiri undangan dari Young Indonesian Profesionals Associations (YIPA). Sesuai jadwal, rombongan ke berada di Inggris selama sepekan, dari 11-18 Juni 2019.

Bupati berangkat bersama suaminya Muh Ali Duppa yang juga anggota Dewan Riset Daerah Pemkab Bojonegoro. Kemudian, Sekretaris Pribadinya, Rachmad Sholeh Farokhi, Penjabat Sekretaris Daerah Yayan Rohman, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Pemkab Bojonegoro Herry Sudjarwo.

“Kegiatan pimpinan dan rombongan menghadiri undangan dari YIPA, yaitu Young Indonesian Profesionals Associations (YIPA) bertema Invesment Promotion in Oil and Gas Opportunity Within Bojonegoro and Tourism Promotion, jadi mempromosikan tentang potensi-pontesi wisata di Bojonegoro, khususnya wisata-wisata minyak,” kata Heru, Kamis (13/6/2019).

Menurut Heru, kegiatan Bupati Anna bersama rombongan ke Inggris telah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ini semuanya sudah disetujui. Proses perizinan untuk di tingkat provinsi dan tingkat Kemendagri sudah beres beberapa waktu lalu,” katanya.

Mengenai jumlah biaya akomodasi rombongan yang disoroti masyarakat karena mencapai Rp1 miliar, Heru mengatakan memang biaya akomodasi untuk rombongan tersebut mencapai Rp954 juta. Dananya bersumber dari APBD Pemkab Bojonegoro.

Jumlah tersebut merupakan uang harian untuk bupati dan masing-masing rombongan, termasuk untuk suaminya Ali Duppa. Namun, menurut Heru, dana APBD itu juga sudah sesuai perencanaan.

“Pakai anggaran pemkab. Jumlahnya sesuai perencanaan. Nggak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengaku tidak mengetahui ihwal keberangkatan Bupati ke Inggris yang perjalanannya dibiayai uang rakyat tersebut. Dia juga menolak berkomentar saat berusaha diwawancarai awak media.


Editor : Maria Christina