Bus Tabrak SPBU di Jember Sebabkan Kebakaran Hebat, Sopir Tewas

Antara ยท Rabu, 07 November 2018 - 02:01 WIB
Bus Tabrak SPBU di Jember Sebabkan Kebakaran Hebat, Sopir Tewas

Kebakaran hebat terjadi di SPBU Jalan Brawijaya, Mangli, Jember, Jawa Timur setelah bus Jember Indah menabrak pompa di SPBU tersebut, Selasa (6/11/2018). (Foto: ilustrasi/dok).

JEMBER, iNews.id – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Brawijaya, Mangli, Jember, Jawa Timur terbakar hebat setelah ditabrak bus yang hendak mengisi solar, Selasa (6/11/2018). Sopir bus yang tak bisa menyelamatkan diri tewas di lokasi kejadian.

Jenazah sopir bus Jember Indah, Iswanto, telah dibawa ke rumah sakit untuk keperluan autopsi. Kejadian ini diselidiki Polres Jember.

"Kebakaran terjadi saat bus Jember Indah akan mengisi bahan bakar usai mengantar penumpang. Namun bus menabrak sebuah pompa SPBU," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di SPBU Mangli, Jember, Selasa (6/11/2018).

Dia menjelaskan, bus masuk ke dalam area SPBU dengan kecepatan tinggi. Diduga kuat tak berhasil mengendalikan kemudi, bus menyeruduk dispenser BBM dan menimbulkan percikan api. Terjadilah kebakaran hebat.

BACA JUGA: SPBU Warung Jambu Bogor Terbakar

"Bus tersebut kosong karena hendak menuju garasi. Sopir bus meninggal dunia, sedangkan SPBU dan bus Jember Indah hangus terbakar," kata Kusworo.

Pada saat SPBU terbakar, karyawan SPBU berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (Apar), namun material yang terbakar tersebut cepat menyebar, sehingga kobaran api terus membesar.

Tiga unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi. Aapi akhirnya berhasil dipadamkan. Menurut Kusworo, tim Laboratorium Forensik Polda Jatim akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di SPBU Mangli pada Rabu (7/11/2018) besok, sehingga lokasi terbakar SPBU beserta bus akan dipasang garis polisi.

“Taksiran sementara kerugian yang disebabkan kebakaran tersebut mencapai Rp2 miliar," katanya.


Editor : Zen Teguh