Dalami Kasus Korupsi DAK, KPK Periksa 7 Pejabat Pemkab Malang

Saif Hajarani ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 21:20 WIB
Dalami Kasus Korupsi DAK, KPK Periksa 7 Pejabat Pemkab Malang

Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti. (Foto: iNews.id/Saif Hajarani)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MALANG, iNews.id - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh pejabat Pemkab Malang, Jawa Timur, Jumat (12/10/2018).

Pemeriksaan tersebut diduga berkaitan dengan pendalaman kasus gratifikasi dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2011 yang menjerat tiga tersangka, salah satunya Bupati Malang Rendra Kresna.

Ketujuh pejabat itu yakni, empat dari pejabat di Badan Lingkungan Hidup (BLH), dua pejabat dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan satu saksi lainnya dari pihak swasta.

Pemeriksaan tersebut digelar di Ruang Bhayangkari Polres Malang. Satu per satu para saksi hadir untuk menjalani pemeriksaan secara tertutup meski tanpa penjagaan dari polisi.

Salah satu pejabat yang diperiksa sebagai saksi, yakni mantan Kepala BLH Tridiyah Maistuti yang kini menjabat Kepala Inspektorat Kabupaten Malang.

Menurut Tridiyah, dirinya diperiksa KPK terkait jabatan yang kini diembannya. “Saya hanya dimintai keterangan saja terkait pengawasan dan fungsi saya sebagai Inspektorat. Ada lima pertanyaan. Jangan dikaitkan dengan kasus itu. Sudah ya, saya lelah,” katanya.

BACA JUGA:

Kasus Suap Bupati Malang Rendra Kresna, KPK Kembali Geledah 4 Lokasi

Bupati Malang Rendra Kresna Tersangka Suap dan Gratifikasi Rp7 Miliar

Sehari sebelumnya, tim penyidik KPK menggeledah sejumlah tempat terkait kasus dugaan korupsi dengan tersangka Bupati Malang Rendra Kresna. Penggeledahan untuk melengkapi barang bukti kasus yang sedang ditangani.

KPK sebelumnya menggeledah 15 lokasi, antara lain kantor Korwil Jatim NasDem, rumah dinas dan pendapa bupati, serta beberapa kantor dinas lainnya di Kabupaten Malang. Dari lokasi-lokasi tersebut KPK mengamankan sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan penyidikan.


Editor : Kastolani Marzuki