Dampak Hujan Deras, Jalan Antardusun di Kediri Putus

Afnan ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 19:15 WIB
Dampak Hujan Deras, Jalan Antardusun di Kediri Putus

Jalan ambles yang menjadi penghubung dusun di Kediri. (Foto: iNews/Afnan).

KEDIRI, iNews.id - Akibat tergerus arus sungai, jalan penghubung antardusun di Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) amblas dan putus total. Kondisi ini memaksa warga mencari jalan alternatif untuk keluar dari desa.

Akses jalan yang berada di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, amblas sedalam satu meter. Selain itu, tanggul sungai di wilayah tersebut juga ambruk akibat tak kuat menahan derasnya arus.

Seorang warga Kajad Wicaksono mengatakan, jalan kampung ini putus total setelah hujan deras mengguyur Selasa malam. Debit air sungai meningkat, sehingga menyebabkan terjadinya erosi pada tanggul.

BACA JUGA: Puluhan Rumah di Sigi Rusak dan Jalan Putus Diterjang Banjir Bandang

"Erosi ini membuat tanah amblas, dan jalan terputus," kata Kajad di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jatim, Rabu (6/3/2019).

Jalan ini, kata dia, putus sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (5/3/2019). Ketika itu, hujan memang sedang deras-derasnya, sehingga volume air juga semakin tinggi. Sedangkan, aliran sungai tersendat sampah yang menumpuk.

"Sampah ini ada di tengah-tengah, jadi air mengalir di pinggir-pinggir, sehingga mengikis tanah," ujar dia.

BACA JUGA: Banjir 3 Meter Rendam 3 Desa di Konawe Selatan, Akses Jalan Putus

Dampak dari amblesnya jalan ini, kata dia, banyak warga yang harus berputar arah hingga 300 meter bila hendak keluar ke jalan utama atau berbelanja ke pasar. Sebab, ini jalan ini merupakan akses terdekat menuju ke luar perkampungan.

Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di sana, warga memasang rambu-rambu di sana. Sebab, dari kejauhan jalan tak tampak ambles, sehingga pengendara harus lebih berhati-hati saat melintas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal