Delegasi Start Up Nation Summit Kunjungi Wisata Religi di Surabaya

Ihya' Ulumuddin ยท Kamis, 15 November 2018 - 18:16 WIB
Delegasi Start Up Nation Summit Kunjungi Wisata Religi di Surabaya

Puluhan delegasi Start Up Nation Summit mengunjungi masjid Ampel dan Pura Agung Jagat Karana, Kamis (15/11/2018). (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengajak delegasi Start Up Nation Summit (SNS) mengunjungi destinasi wisata religi, Kamis (15/11/2018). Di antaranya yakni masjid Ampel dan Pura Agung Jagad Karana.

Dua destinasi ini dipilih karena punya keunikan arsitekturnya. Masjid Ampel misalnya merupakan gabungan dari arsitektur Arab dan China. Selain itu, Masjid Ampel jadi salah satu ikon perintis penyebaran Islam di Pulau Jawa. "Bangunan ini sangat bagus dan terlihat elegan," kata salah satu delegasi asal Brazil, Rafaela Nicolazzi.

Menurut Rafaela bangunan di Masjid Ampel sangat klasik dan unik. Bahkan dirinya menilai orang-orang di Ampel terlihat ramah. "Mereka sangat ramah kepada kami. Aku menyukai itu," tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan delegasi asal Australia, George Makris. Dia mengaku terkesan dengan kunjungan pertama yang dilakukan di Surabaya. "Baru pertama kali saya datang dan masuk ke kawasan masjid ini," ucapnya.

Pengalaman George mengenakan sarung semakin membuat dirinya terkesan akan kunjungan di kawasan religi di Surabaya. Momen ini, kata dia, akan menjadi cerita bagi teman dan saudara-saudaranya. "Saya terlihat berbeda menggunakan ini. Tidak masalah. Saya sangat menghargai keragaman ini," ucapnya.



Puas mengitari wisata religi Ampel, delegasi melanjutkan perjalanan ke Pura Agung Jagad Karana di jalan ikan lumba-lumba, Perak. Mengenakan ikat pinggang kain berwarna kuning, para delegasuli tampak sopan mengikuti arahan pendeta. "Sangat sakral dan saya sangat mengahragai itu," imbuh George.

Memasuki kawasan pura, delegasi diperlihatkan berbagai macam patung, prasasti dan pohon yang diikat dengan kain berwarna putih hitam. Menurut delegasi asal Australia George Makris, pura yang ada di Surabaya sama persis dengan yang ada di Bali. 

"Saya sering ke Bali dan saya kira pura di Surabaya berbeda dengan yang di Bali, tapi ternyata mirip. Ada gamelannya juga," katanya.

Tidak ingin kehilangan momen, beberapa delegasi tampak asyik mengabadaikan foto di beberapa spot yang dirasa unik. Kemudian, mereka melakukan foto bersama pengurus pura agung jagad karana. 

Untuk diketahui, Start Up Nation Summit digelar mulai Jumat (16/11/2018) hingga Minggu (18/11/2018). Kegiatan ini diikuti oleh 170 negara. Bertempat di Grand City Surabaya.


Editor : Himas Puspito Putra