Depresi Gagal Menikah, Sutopo Nekat Bakar Rumah Tetangga di Ponorogo

Ahmad Subekhi, Ihya' Ulumuddin ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 10:40 WIB
Depresi Gagal Menikah, Sutopo Nekat Bakar Rumah Tetangga di Ponorogo

Lokasi rumah Slamet warga Ponorogo yang dibakar Sutopo. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Entah apa yang ada dalam benak Sutopo (38) warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur (Jatim). Dia tiba-tiba mengamuk dan merusak serta membakar rumah milik tetangganya bernama Slamet, Selasa malam (4/12/2018).

Akibat perbuatannya, rumah Slamet pun ludes dilalap api. Warga dan petugas pemadam sebenarnya telah bergerak cepat untuk memadamkan, namun besarnya kobaran api membuat mereka kewalahan. Bangunan rumah itu pun hangus.

Saksi di lokasi Agus Prasetyo mengatakan, peristiwa pembakaran ini terjadi selepas magrib. Saat itu, Sutopo tiba-tiba mengamuk dan melempari rumah Slamet dengan batu. Tak berselang lama dia membakarnya.

“Kami tahunya api sudah berkobar. Karena panik, kami semua sibuk memadamkan api sehingga tidak sempat mengejar Sutopo yang melarikan diri,” katanya, Selasa (5/12/2018).

BACA JUGA: Truk Box Adu Banteng di Wates Kulonprogo, Kedua Sopir Patah Kaki

Polisi dibantu warga saat ini masih memburu Sutopo yang melarikan diri. Belum diketahui motif perbuatannya, namun pelaku diduga selama ini mengalami depresi usai gagal menikah dan tetap hidup sendiri di usianya yang sudah 38 tahun.

Menurut Agus, sudah seminggu terakhir ini rumah milik Slamet menjadi sasaran lemparan batu bata. Akibatnya genting dan kaca milik korban rusak. Korban pun ketakutan sehingga memilih mengungsi ke rumah saudaranya di desa lain.

“Puncaknya ya pas kejadian iniSelepas magrib, pelaku melempari rumah dengan batu dan membakar ruang dapur milik korban,” ujarnya.

Agus menuturkan, sejak 10 tahun terakhir kondisi kejiwaan Sutopo memang tidak stabil. Hal itu terjadi setelah dia gagal menikah. Semenjak itulah Sutopo kerap mengamuk tanpa sebab.

Dia (Sutopo) depresi karena gagal menikah. Apalagi usianya sudah 38. Makanya sering mengamuk. Dia pernah dibawa berobat ke Rumah Sakit Jiwa di Solo. Tetapi kambuh lagi,” tuturnya.

Kapolsek Balong AKP Suhariyanto membenarkan aksi pembakaran rumah warga oleh pelaku Sutopo. Saat ini pihaknya telah menerjunkan tim untuk memburu pelaku. “Pelaku kabur dan sekarang masih kami buru,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw