Di-PHK Sepihak, Buruh di Jombang Demo Perusahaan Milik Pemodal Asing

Mukhtar Bagus ยท Senin, 03 September 2018 - 10:04 WIB
Di-PHK Sepihak, Buruh di Jombang Demo Perusahaan Milik Pemodal Asing

Puluhan buruh PT Pei Hai di Jombang berdemo menolak PHK sepihak yang dilakukan perusahaan terhadap mereka, Senin (3/9/2018). (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Geram di-PHK sepihak oleh perusahaan tempatnya bekerja, puluhan buruh di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar aksi unjuk rasa, Senin (3/9/2018) pagi. Mereka berorasi di depan pabrik menuntut perusahaan milik pemodal asing tersebut mempekerjakan mereka kembali.

Sambil membentangkan poster, mereka menyatakan menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak yang telah dilakukan perusahaan. Melalui orasinya, para buruh menilai PHK yang dilakukan perusahaan tidak adil karena buruh tidak pernah bolos seperti yang dituduhkan.

Menurut buruh, PHK ini murni dilakukan untuk menghabisi seluruh pengurus serikat kerja PT Pei Hai Jombang yang notabene sering memprotes perlakuan sewenang-wenang manajemen pabrik terhadap buruh lainnya. Terbukti, 35 orang yang di-PHK seluruhnya adalah pengurus serikat kerja.



Para buruh menyayangkan pemecatan tersebut karena mereka sudah mengabdi di perusahaan produsen sepatu milik pemodal asal Taiwan itu selama puluhan tahun. Dengan PHK sepihak buruh juga tidak mendapatkan pesangon.

“Kami dengan tegas menolak PHK itu dan minta dipekerjakan kembali. Ada 35 orang yang di-PHK. Rata-rata sudah bekerja hingga 25 tahun,” kata Ketua Serikat Buruh PT Pei Hai Jombang, Nurikah, yang juga korban PHK sepihak, Senin (3/9/2018).

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, PT Pei Hai menolak memberikan keterangan pada wartawan terkait alasan PHK terhadap buruhnya.

Para buruh ini menuntut PT Pei Hai mempekerjakan mereka kembali seperti semula. Jika tuntutannya tidak dipenuhi, para buruh mengancam akan terus berunjukrasa dan membawa kasus ini ke ranah hukum.


Editor : Himas Puspito Putra