Draf Usulan UMK Jatim 2020, Pasuruan Tertinggi Kalahkan Surabaya

Ihya' Ulumuddin ยท Senin, 11 November 2019 - 18:51 WIB
Draf Usulan UMK Jatim 2020, Pasuruan Tertinggi Kalahkan Surabaya

Ilustrasi upah buruh. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 28 kabupaten/kota di Jawa Timur telah mengusulkan upah minimum kota (UMK) ke gubernur. Dari seluruh wilayah tersebut, usulan Kabupaten Pasuruan tercatat paling tinggi sebesar Rp4,4 juta, mengalahkan Kota Surabaya yang hanya Rp4,2 juta.

“Pasuran mengusulkan dua alternatif. Usulan pertama Rp4,4 juta dan kedua Rp4,1 juta,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim Himawan Estu Bagijo, Senin (11/11/2019).   

Dia mengatakan, usulan UMK 28 kabupaten/kota tersebut masih belum final. Angka pastinya masih akan dibahas dewan pengupahan Jatim.

“Besok tanggal 12 dan 13 November akan kami bahas,” katanya.

BACA JUGA: UMP DIY 2020 Naik Jadi Rp1,7 Juta, Aliansi Buruh: Upah Belum Layak

Sementara untuk daerah lain, tidak ada masalah. Sebab, rata-rata usulan mereka sudah sesuai dengan formula PP 78/2015 tentang Pengupahan.

“Prinsip yang kami minta ke tim dewan pengupahan yakni usulan kenaikan dari bupati/wali kota harus sesuai dengan aturan. Yaitu kenaikkannya 8,51 persen dari besaran UMK tahun ini,” tuturnya.

Kota Surabaya misalnya, angka Rp4.200.479,19 sudah sesuai dengan formula PP pengupahan. Begitu pula dengan beberapa daerah lain, seperti Kota/Kabupaten Mojokerto, Kabupaten/Kota Malang, Kabupaten Jombang dan Kota Batu.

“Dari semua kabupaten/kota itu, hanya Kabupaten Pacitan yang usulannya di bawah 8,51 persen sebesar Rp1,9 juta. Angka ini lebih rendah Rp13.321 dari prediksi,” katanya.  

Sementara itu, sejumlah daerah yang belum menyampaikan usulan antara lain Kabupaten Gresik, Sidoarjo dan Kota Pasuruan. Dia optimistis, 10 daerah yang tersisa akan segera menyerahkan usulan UMK beberapa hari ke depan.

“Daerah lain akan menyusul sehingga semua usulan itu bisa dirapatkan dengan dewan pengupahan pada 12 dan 13 November,” ujar Himawan.


Editor : Donald Karouw