Driver Ojol Ini Raih Gelar Magister di IAIN Jember dengan Predikat Cum Laude

Bambang Sugiarto ยท Sabtu, 19 Oktober 2019 - 05:30 WIB
Driver Ojol Ini Raih Gelar Magister di IAIN Jember dengan Predikat Cum Laude

Badrut Taman, driver ojek online sukses menyandang gelar Magister di IAIN Jember dengan predikat cum laude. (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Raihlah cita-cita setinggi langit. Pepatah itu sepertinya memotivasi Badrut Tamam untuk mengejar obsesinya di dunia pendidikan. Driver ojek online (ojol) asal Desa Trisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Jember ini pun sukses meraih titel magister dengan nilai sangat memuaskan alias cum laude.

Dengan ketekunan dan kemampuan akademiknya, Badrut Tamam yang lulus S-2 Jurusan Hukum Keluarga di Program Pasca-Sarjana IAIN Jember meraih nilai IPK 3,86.

Tamam mengaku sangat bangga dengan raihan nilai itu dan akan terus melanjutkan kuliahnya hingga ke jenjang doktor atau S-3.

“Saya memang bercita-cita menjadi dosen. Karena itu, saya kerja keras agar bisa kuliah S-2 dan kalau bisa sampai S-3,” katanya, Jumat (18/10/2019).

BACA JUGA: Hidup Prihatin, Anak Buruh Tani Ini Lulus Cum Laude

Meski harus bekerja sebagai ojek online, Tamam optimistis bisa mewujudkan cita-cita mulianya itu.

Untuk bisa melanjutkan kuliah S-2, Tamam mengaku mengumpulkan uang tiap hari dari hasil jerih payahnya mengaspal. “Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama istri, saya sisihkan uang dari ngojek untuk biaya kuliah S-2,” ujarnya.

Tamam mulai kuliah S-2 di Program Pascasarjana IAIN Jember pada 2017. Di sela-sela kesibukannya mengantar jemput konsumen, Tamam tak lupa masuk kuliah.

“Kalau tidak ada jam perkuliahan, saya mengaspal (ngojek) lagi,” katanya.

Tamam mengakui banyak suka duka saat menjadi ojek online. Dia senang bila mendapat banyak orderan dari pelanggan. Namun, kadang merasa sedih jika mendapat pesanan fiktif. 

“Saya pernah suatu kali mengantar go food dengan alamat tertentu. Ternyata tujuan alamat itu pemakaman umum yang jauh dari permukiman warga,” tuturnya.

BACA JUGA: Diduga Nyetir Dalam Kondisi Mabuk, Remaja Perempuan di Jember Tabrak Motor dan 2 Mobil

Meski demikian, Tamam tetap tegar dan akan menjadikan pekerjaan ojek online ini sebagai jembatan untuk meraih cita-citanya.

Apalagi teman sejawatnya mendukung kerja kerasnya, bahkan saat wisuda puluhan teman sesama ojek online ikut mengantarkan Tamam dengan melakukan aksi konvoi menuju kampus IAIN Jember.


Editor : Kastolani Marzuki