Dugaan Pungli Kepsek, Siswa MAN di Bangkalan Gelar Aksi Buang-Buang Buku

ยท Senin, 05 Agustus 2019 - 22:01 WIB
Dugaan Pungli Kepsek, Siswa MAN di Bangkalan Gelar Aksi Buang-Buang Buku

Demo siswa di sekolah terkait dugaan pungli kepala sekolah. (Foto: Dok iNews).

BANGKALAN, iNews.id - Ratusan siswa MAN di Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur (Jatim) melakukan aksi protes di halaman sekolah. Mereka melempar-lempar buku pelajaran menyikapi dugaan pungli kepala sekolah.

"Dugaan pungli, karena harga buku mahal, mencapai jutaan rupiah," kata seorang siswa, Anam, kepada wartawan, Senin (5/8/2019).

Dia mengatakan, keberatan dengan banyaknya pungutan yang diberlakukan sekolah. Mulai dari infak hingga kewajiban membeli buku dengan harga mahal.

BACA JUGA: Hari Pertama Sekolah, Siswa di Ponpes Alquran Wates Dirukyah

Pantauan iNews, para siswa juga membuat dan membentangkan beberapa poster yang ditujukan kepada kepala sekolah mereka. Mereka menuntut agar kepala sekolah bisa mundur atau segera dicopot dari jabatannya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, M Hasan mengatakan, sementara pihaknya akan menampung aspirasi dari para siswa, lalu menyampaikannya ke kepala sekolah.

"Karena kepala sekolah sekarang masih ada keperluan dinas di Jakarta," ujar dia.

Aksi protes ini disayangkan sejumlah pihak lantaran para siswa membuang-buang buku pelajaran begitu saja. Padahal buku semestinya dijaga dengan baik sebagai salah satu sumber ilmu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal