Eksekusi Gedung Astranawa, Fraksi PKB Minta Restu PWNU Jatim

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 12 November 2019 - 23:07 WIB
Eksekusi Gedung Astranawa, Fraksi PKB Minta Restu PWNU Jatim

Rombongan Fraksi PKB DPRD Jawa Timur datang ke Kantor PWNU Jatim, Selasa (12/11/2019). (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Fraksi PKB DPRD Jawa Timur kembali sowan ke kantor PWNU Jatim, Selasa (12/11/2019). Silaturahmi ini dilakukan untuk memohon doa restu terkait rencana eksekusi Gedung Astranawa di Jalan Gayungsari VIII-IX, Surabaya, Rabu (13/11/2019).

Anggota Fraksi PKB Anik Maslachah mengatakan, Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan DPW PKB Jatim sebagai pemenang atas sengketa Gedung Astranawa. Atas putusan ini, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya melalui surat bahkan telah menyampaikan pemberitahuan eksekusi pada 13 November. Pemberitahuan ini tertuang dalam surat No.W14.U1/15818/HK.02/11/2019.

“Jadi selain silaturahmi, kami juga datang ke sini untuk memohon doa restu. Sebab, besok akan eksekusi Gedung Astranawa. Putusan MA telah memenangkan PKB. Jadi setelah ini, gedung PKB tidak lagi menjadi milik pribadi, tetapi institusi PKB,” katanya.

BACA JUGA: PWNU Jatim Perbolehkan Salam Lintas Agama, Ini Rujukan Kitabnya

Kendati ada perlawanan, Anik memastikan tidak akan ada pengerahan massa dari PKB. Selain karena menang secara hukum, eksekusi juga akan dikawal aparat.

“Ada banyak personel dari Polrestabes Surabaya yang akan mengawal. Pengurus PKB akan datang menyaksikan, tetapi tidak sampai pengerahan massa,” ucapnya.

Anik menambahkan, selain memohon doa restu, fraksi PKB juga sengaja sowan untuk melaporkan perubahan struktur fraksi PKB di DPRD Jatim. Perubahan ini menyusul penunjukkan Wakil Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar sebagai menteri.

“Pak Halim sekarang menjadi menteri. Maka, sebagai partai yang dilahirkan NU, kami merasa perlu melaporkan. Selain itu, kami juga memohon masukan untuk kerja kami di DPRD Jatim selama lima tahun ke depan,” kata perempuan yang kini menggantikan Halim Iskandar sebagai wakil Ketua DPRD Jatim.

Diketahui, Gedung Astranawa yang disengketakan selama ini dikuasai mantan Ketua DPW PKB Jatim Choirul Anam (Cak Anam). Proses hukum atas sengketa gedung ini telah berjalan cukup lama. Mulai dari PN Surabaya, Pengadilan Tinggi Jatim hingga MA. Dan semuanya dimenangkan PKB.

Terpisah, pemilik Gedung Astranawa Choirul Anam membenarkan rencana eksekusi tersebut. Mantan Ketua PKB Jatim ini bahkan mengaku telah menerima surat pemberitahuan eksekusi dari PN Surabaya tersebut. Hanya saja, dia mengaku akan melakukan perlawanan.

“Ya, sudah. Kalau Rabu (besok) mereka ke sini, itu akan saya pertahankan. Kalau dia paksakan dengan kekerasan, kami juga akan keras,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw