Gegara Bau Sampah, Pemkot Surabaya Gerakkan Ribuan Orang Bersihkan Stadion GBT

Ihya' Ulumuddin · Jumat, 08 November 2019 - 11:57 WIB
Gegara Bau Sampah, Pemkot Surabaya Gerakkan Ribuan Orang Bersihkan Stadion GBT

Sejumlah suporter Persebaya membersihkan area Stadion GBT, Jumat (8/11/2019). Acara bersih-bersih ini juga diikuti seluruh staf di lingkungan Pemkot Surabaya, Polri dan TNI. (Foto: iNews.id/Ihya’ Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Polemik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) bau sampah membuat Pemkot Surabaya berbenah. Pagi tadi pemerintah kota menggerakkan seluruh staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk kerja bakti membersihkan area stadion. Polri, TNI, suporter Persebaya (Bonek) dan masyarakat sekitar juga terlibat.

Ribuan orang ini bergotong royong membersihkan sampah dan rumput. Mereka juga mempercantik kawasan GBT dengan mengecat sejumlah utilitas stadion.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemkot Surabaya, Kanti Budiarti mengatakan, kerja bakti massal ini merupakan agenda rutin jajaran Pemkot Surabaya setiap Jumat pagi. Namun, untuk di wilayah Surabaya Barat, kerja bakti dipusatkan di area Stadion GBT.

“Jumlah personel sekitar seribu orang, mereka terdiri atas beberapa OPD, kecamatan, kelurahan, TNI dan Polri,” kata Kanti, Jumat (08/11/2019).

 

BACA JUGA:

Akhiri Polemik Stadion GBT Bau Sampah, Gubernur Khofifah Siap Bertemu Pemkot Surabaya

Kasus Perusakan Stadion GBT, Polda Jatim Akan Panggil Penanggung Jawab Tribun

 

Dia menjelaskan, kerja bakti di area Stadion GBT, terbagi menjadi tiga titik zona. Kegiatannya mulai dari mengecat trotoar, menyapu jalan depan GBT, dan pemotongan rumput.

“Selain di wilayah (Surabaya) Barat, kami tetap melakukan kerja bakti di lokasi yang lainnya, Surabaya utara, selatan dan timur. Kami konsentrasi untuk pembersihan saluran dan sungai dalam rangka mengantisipasi datangnya musim hujan,” ujarnya.

Suasana kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) saat ribuan orang dari Pemkot Surabaya, TNI dan Polri serta Bonek Persebaya bergotong royong membersihkan dan mempercantik stadion itu, Jumat (8/11/2019). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

 

Kanti mengatakan, agenda kerja bakti massal ini juga bakal kembali digelar, khususnya di area Stadion GBT. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkot Surabaya dalam rangka menyambut persiapan Piala Dunia U-20.

“Nanti kami komunikasikan dengan yang lainnya. Kalau ini perlu kelanjutan dan pembersihan, kami agendakan untuk jadwal selanjutnya kerja bakti bersama-sama,” katanya.

Para petugas menyapu kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jatim, Jumat (8/11/2019). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Pemkot Surabaya tetap fokus pada perencanaan pembangunan Stadion GBT untuk menyongsong Piala Dunia U-20 2020. Perbaikan itu meliputi akses jalan, tempat duduk di tribun stadion, lampu, dan tiga lapangan pendukung untuk latihan.

“Tahun 2020 Insyaallah banyak melakukan perbaikan yang salah satunya di GBT. Semua akan diganti, termasuk tempat duduknya kami ubah jadi single seat yang bisa nutup sendiri. Lampunya juga kami tambah seperti yang diharapkan PSSI. Sekaligus kami nanti akan membangun tiga lapangan di sekitar GBT yang juga akan dijadikan tempat latihan,” katanya.

Eri menjelaskan, Pemkot Surabaya telah menganggarkan Rp80 hingga Rp100 miliar untuk perbaikan akses jalan dan kelengkapannya di kawasan ini, termasuk Jalan Lintas Luar Barat (JLLB).


Editor : Maria Christina