Gempa, Ratusan Pengunjung Hotel di Banyuwangi Berhamburan Keluar

Lurisa Lulu ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 08:08 WIB
Gempa, Ratusan Pengunjung Hotel di Banyuwangi Berhamburan Keluar

Para tamu salah satu hotel di Banyuwangi, Jatim, berkumpul di luar setelah merasakan guncanngan gempa bumi, Kamis dini hari tadi (11/10/2018). (Foto: iNews/Lurisa Lulu)

BANYUWANGI, iNews.id – Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang terjadi di timur laut Situbondo, Jawa Timur (Jatim), Kamis dini hari tadi (11/10/2018), juga terasa hingga ke Banyuwangi. Getaran yang kuat membuat ratusan tamu hotel yang tengah terlelap tidur langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Dalam video amatir warga, terlihat para tamu hotel bintang lima di Jalan Brawijaya, Banyuwangi, berkeluaran dari kamar masing-masing. Mereka yang merasakan getaran kuat langsung mengevakuasi diri dengan menuruni tangga darurat. Untuk mencegah terkena reruntuhan bangunan, mereka pun berkumpul di pelataran luar hotel.

Salah seorang tamu hotel, Agus mengatakan, gempa yang dirasakan di berbagai daerah di Jatim itu terjadi saat para tamu tengah tertidur. Kepanikan pun terjadi ketika mereka tiba-tiba tiba merasakan getaran kuat.

“Tadi guncangannya terasa sekali, luar biasa. Saya lagi tidur nyenyak tadi dan tiba-tiba merasa guncangan kuat. Saya langsung lari turun ke bawah. Semua tamu hotel juga lari keluar kamar menyelamatkan diri masing-masing,” kata Agus.

BACA JUGA:

Gempa 6,4 SR Situbondo, Ini Daerah Lain yang Rasakan Guncangan

Gempa Guncang Jawa Timur dan Bali, Tiga Tewas

Gempa Rusak Sejumlah Rumah dan Fasilitas Umum di Jembrana Bali


Situasi baru kembali normal setengah jam kemudian, setelah sudah tidak terjadi lagi getaran susulan. Para tamu hotel yang masih merasa khawatir akhirnya kembali ke hotel. Sebagian tampak masih cemas sehingga memilih duduk di lobi hotel.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa 6,4 SR yang kemudian dimuktakhirkan menjadi 6,3 SR itu terjadi sekitar pukul 01.44 WIB. Gempa berlokasi di 7.24 lintang selatan dan 114.47 bujur timur, di 61 kilometer timur laut Situbondo.


Editor : Maria Christina