Gus Yaqut Tunjuk Pengurus Pusat Jadi Karteker Pimpin GP Ansor Jatim

Ihya' Ulumuddin ยท Senin, 03 Juni 2019 - 15:06 WIB
Gus Yaqut Tunjuk Pengurus Pusat Jadi Karteker Pimpin GP Ansor Jatim

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor menunjuk karteker untuk memimpin GP Ansor Jawa Timur (Jatim). Penunjukan sementara ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan di Badan Otonom (Banom) Pemuda NU Jatim per 30 Mei silam.

Karteker ini sekaligus mengakhiri Surat Keputusan (SK) Penunjukan Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) sebagai ketua PW GP Ansor Jatim. Di mana posisi ketua dan sekretaris karteker PW GP Ansor Jatim akan diisi pengurus Ansor pusat. Mereka yakni Abdul Hakam Aqso sebagai ketua dan Mujiburrohman sebagai sekretaris. Sementara anggota yakni Gus Abid, Gus Aam (ketua PP Korwil Jatim), Mochamad Nur Arifin (Bupati Trenggalek/ sekretaris di kepemimpinan Gus Abid).

“Kami memutuskan Jawa Timur untuk dilakukan karteker, bukan penunjukan ketua lagi,” kata Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dalam acara silaturrahim pengurus PAC Ansor se-Jatim di Hotel Elmi, Minggu (2/6/2019) malam.

BACA JUGA: Cegah Ketegangan, Gus Yaqut Minta Elite Politik Jaga Suasana Kondusif

Politikus PKB ini menilai, akan menjadi preseden yang tidak baik bagi organisasi jika masa berakhir penunjukan kemudian dilanjutkan penunjukan ulang. Apalagi, Ansor Jatim sudah tiga kali penunjukan ketua. Dua sebelumnya yakni Sholahul Aam Notobuwono atau Gus Aam dan Rudi Triwahid.

“Karena itu, karteker ini merupakan solusi. Masa tugas karteker ini akan berakhir sejalan dengan pelaksanaan konferwil (Konferensi Wilayah). Paling lambat sampai akhir Juli nanti,” ujar putra tokoh NU KH Cholil Bisri tersebut.

Diketahui, hampir 1,5 tahun PW GP Ansor Jawa Timur tidak memiliki ketua definitif, setelah masa kepengurusan Rudy Triwahid 2013-2017 berakhir pada 26 Desember 2017. Selama ini, Banom Pemuda NU ini dipimpin pengurus melalui SK Penunjukan. Tugasnya mengantarkan hingga proses konferwil. Namun hingga masa SK penunjukan habis, mereka belum juga berhasil menggelar forum tertinggi di PW Ansor tersebut.


Editor : Donald Karouw