Ibu Penjarakan Anak Kandung karena Merampas Kalung Emas Miliknya di Kediri

Afnan Subagio ยท Selasa, 09 Juli 2019 - 16:21 WIB
Ibu Penjarakan Anak Kandung karena Merampas Kalung Emas Miliknya di Kediri

Tersangka anak yang mencuri kalung emas milik ibunya di Kediri, Jawa Timur. (Foto: iNews/Afnan Subagio)

KEDIRI, iNews.id – Seorang ibu di Kediri, Jawa Timur, melaporkan anak kandungnya atas tuduhan merampas kalung emas miliknya ke kantor polisi. Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi menangkap terlapor dan memasukkannya ke penjara.

Kanit Reskrim Polsek Gampengrejo Ipda Dian Purwandi mengatakan, kronologi kejadian ini berawal saat terlapor Yuda Prasetiawan, warga Turus, Kecamatan Gamprengrejo, Kabupaten Kediri, meminta izin untuk meminjam motor milik orangtuanya. Karena tak diberikan, terlapor kemudian menarik paksa kalung emas yang dipakai ibunya saat sedang memasak di dapur hingga putus dan dibawa lari.

Emas itu selanjutnya digadaikan terlapor ke seorang penadah di kawasan Dandangan, Kota Kediri, seharga Rp900.000. Uang tersebut kemudian digunakannya untuk membayar utang dan berfoya-foya.

BACA JUGA: Leher Terlilit Tali, Mayat Wanita Mengambang di Sungai Brantas

“Sesuai keterangan orangtua, karena seringkali membuat susah, mereka terpaksa melaporkan kejadian ini ke Polsek Gampengrejo,” ujarnya, Selasa (9/7/2019).

Pengakuan pelapor, anaknya baru pertama kali ini melakukan perampasan. Namun telah berulang kali menjual motor milik keluarga tanpa meminta izin.

“Anaknya sudah enam kali menjual motor milik orangtuanya,” kata Dian.

Terlapor Yuda Prasetiawan mengakui semua perbuatannya. Dia mengaku tega merampas emas milik ibunya karena sakit hati lantaran permintaan meminjam motor ditolak.

“Saya sakit hati karena tidak boleh pinjam motor,” ucapnya.

Atas kejadian tersebut, terlapor yang telah ditetapkan sebagai tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian Biasa jo Pasal 367 KUHP tentang Pencurian dalam keluarga dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.


Editor : Donald Karouw