Jalan Tertutup Asap Tebal akibat Kebakaran Lahan, Warga Jombang Panik

Mukhtar Bagus ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 20:49 WIB
Jalan Tertutup Asap Tebal akibat Kebakaran Lahan, Warga Jombang Panik

Jalan raya Jombang-Surabaya tertutup kabut asap tebal akibat kebakaran lahan di Jombang, Jatim, Sabtu (13/10/2018). (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Kebakaran lahan akibat musim kemarau berkepanjangan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), masih terus terjadi hingga Sabtu (13/10/2018). Api yang terus membesar mengakibatkan jalan raya tertutup kabut asap tebal dan membuat warga sekitar panik.

Dari pantauan iNews, Sabtu sore, warga Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, panik karena kebakaran lahan tak kunjung padam. Kabut asap menyelimuti desa mereka dan mengganggu pernapasan. Mata pun terasa pedih sehingga warga tidak nyaman beraktivitas.

Kabut asap tebal juga menutupi jalan raya Jombang-Surabaya. Di tengah jalan antarprovinsi ini, jarak pandang hanya sekitar 10 hingga 15 meter. Kondisi ini tentu saja sangat membahayakan para pengendara.

BACA JUGA:

Kebakaran di Gunung Ciremai Meluas, 900 Hektare Hutan Ludes Terbakar

Kebakaran Hutan di Palembang Kian Parah, Asap Pekat Selimuti Kota

Namun, ironisnya hingga Sabtu menjelang malam, belum ada petugas yang melakukan pemadaman kebakaran lahan. Padahal kebakaran sudah terjadi sejak pagi hingga Sabtu sore.

Warga mengaku tidak tahu-menahu soal penyebab kebakaran tersebut. Sejak musim kemarau datang, kebakaran lahan di Kabupaten Jombang memang sering terjadi. Kebakaran sering melanda lahan tebu dan lahan kosong atau hutan.

“Ya ini sangat mengganggu kami, enggak bisa bernapas dan mata sakit. Api dari tadi belum padam dan terus membesar. Sepertinya belum ada yang berusaha memadamkan,” kata warga Desa Gambiran, Elis.

Warga berharap petugas terkait segera memadamkan kebakaran lahan. Pemerintah juga diminta lebih sigap mengatasi kebakaran lahan yang sering terjadi selama musim kemarau.


Editor : Maria Christina