Juru Parkir Nakal Minta Upah Rp50 Ribu Diamankan Petugas Dishub

Avirista Midaada ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 07:59 WIB
Juru Parkir Nakal Minta Upah Rp50 Ribu Diamankan Petugas Dishub

Juru parkir mengeluarkan motor pelanggannya. (Foto: Dok iNews).

MALANG, iNews.id - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mengamankan seorang juru parkir yang sempat viral karena meminta upah Rp50.000 di alun-alun kota. Keduanya bernama Panut dan Kolil.

Kadishub Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan, petugas telah mengamankan kedua pelaku pada Senin (17/6/2019) kemarin.

"Mereka sudah kami tindak tegas dan diberikan pengarahan. Kami jelaskan apa saja pelanggaran yang dilakukannya," kata Handi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (18/6/2019).

Dalam aturan di Perda, kata dia, tarif parkir untuk bus besar, trailer, dan truk gandeng dipatok sebesar Rp10.000 bukan Rp50.000. Sedangkan, Panut dan Kolil dalam video yang viral tersebut meminta upah di angka tak wajar.

BACA JUGA: Polisi Akan Menindak Tegas Parkir Liar di Bandung

"Kalau untuk minibus atau truk kecil sebesar Rp5.000. Kemudian mobil, pick up dan sejenisnya Rp3.000, dan sepeda motor itu tarifnya Rp2.000," ujar dia.

Sedangkan untuk tarif parkir yang sifatnya insidental, truk, bus dan trailer dipatok Rp20.000, mobil Rp5.000, sementara sepeda motor dipatok Rp3.000. Tapi, kata dia, ini hanya untuk agenda tertentu, bukan setiap hari.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji, juga merasa berang dengan ulah sang juru parkir nakal ini. Dia bahkan mengancam akan memidanakan juru parkir tersebut bila terbukti mengulanginya kembali.

"Kalau masih nakal dan tidak mau berubah, keanggotaannya akan kita cabut dan status pidana akan dinaikkan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal