Kapal Feri Karam di Pulau Pasir Nagekeo NTT, 83 Penumpang Dievakuasi

Antara ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 16:40 WIB
Kapal Feri Karam di Pulau Pasir Nagekeo NTT, 83 Penumpang Dievakuasi

Ilustrasi kapal karam. (Foto: Okezone)

KUPANG, iNews.id – Kapal feri KM Sangke Palangga POB 50 berpenumpang 83 orang karam di Pulau Pasir, Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (11/1/2019). Saat kejadian, kapal berlayar dari Pelabuhan Bira Jampea, Sulawesi Selatan (Sulsel), menuju Pelabuhan Marapokot. Seluruh penumpang akhirnya berhasil dievakuasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Kabupaten Sikka, I Putu Sudayana mengatakan, kapal tersebut karam pada koordinat 08 26 6.84 S 121 17 49.62 E, di Pulau Pasir, Kabupaten Nagekeo, sekitar pukul 08.45 Wita.

“Kapal itu menampung 83 penumpang dan 28 anak buah kapal (ABK) yang terdiri dari 72 penumpang dewasa dan 11 anak-anak,” ujar Putu di Kupang.

BACA JUGA:

Kapal Karam Diterjang Ombak, 14 Nelayan Selamat setelah 36 Jam di Laut

Basarnas Evakuasi 45 Penumpang Kapal Feri Bandeng yang Karam di Maluku

Dia menjelaskan, saat kejadian, kondisi ketinggian gelombang 0,5 meter dengan kecepatan angin 20 knot. Kondisi mesin dan peralatan navigasi kapal tersebut juga dalam keadaan baik. Saat ini seluruh penumpang dan awak kapal sudah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Marapokot dalam kondisi selamat.

“Sekitar pukul 9.45 Wita tadi Tim SAR gabungan sudah berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dan diketahui semua dalam keadaan aman dan selamat,” katanya.

Dia mengimbau kepada perusahaan pelayaran maupun masyarakat nelayan setempat agar selalu memperhatikan kondisi cuaca saat hendak berlayar. Hal ini untuk mengantisipasi kapal karam atau mengalami kecelakaan saat di laut.

“Silakan memperbaharui informasi atau data cuaca dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kemudian yang terpenting juga persiapkan alat komunikasi dan keselamatan kapal,” paparnya.


Editor : Maria Christina