Kapal Tenggelam di Sumenep, Polisi: KM Amin Jaya Kelebihan Muatan

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 10:43 WIB
Kapal Tenggelam di Sumenep, Polisi: KM Amin Jaya Kelebihan Muatan

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim. (Foto: Dok iNews).

SURABAYA, iNews.id – Polisi memastikan KM Amin Jaya kelebihan muatan saat berlayar di perairan Sumenep Madura, Jawa Timur (Jatim). Kapal tersebut tercatat memuat penumpang hingga 57 orang, padahal kapasitasnya hanya 30 penumpang.

"Kapal motor ini bobot muatannya hanya 6 GT (Gross Tonage), dengan panjang 10 meter. Kapasitasnya normalnya hanya 30 orang. Tetapi diisi 57 orang," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

Muatan berlebih inilah yang diduga menjadi penyebab utama kapal tenggelam. KM Amin Jaya yang saat itu berlayar dari Guwa-Guwa, Kepulauan Ra’as menuju Kalianget kandas saat diterjang ombak besar.

BACA JUGA: KM Amin Jaya Tenggelam di Sumenep, Korban Tewas Bertambah 13 Orang

Namun polisi masih mencari tahu penyebab pastinya. Hingga kini, petugas bersama regu pencari sedang fokus menangani pencarian korban hilang.

"Kami masih akan terus melakukan penyelidikan dalam insiden ini. Namun, yang utama saat ini adalah proses evakuasi dan pencarian korban hilang," ujarnya.

Untuk diketahui, masih ada tiga penumpang yang belum ditemukan. Sementara, 13 lainnya telah berhasil dievakuasi pagi tadi dalam kondisi tewas. Saat insiden terjadi, para penumpang diduga tak mampu tertolong dan hilang terbawa arus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal