Kapolda: 2 DPO Muncikari Prostitusi Online Hari Ini Ditangkap

Rahmat Ilyasan ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 22:58 WIB
Kapolda: 2 DPO Muncikari Prostitusi Online Hari Ini Ditangkap

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. (Foto: iNews.id/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id – Polda Jatim optimistis dua muncikari yang masuk daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus prostitusi online artis dan model dalam waktu dekat segera ditangkap.

Kedua muncikari itu saat ini dalam pengejaran polisi. Peran kedua muncikari ini sama dengan yang dilakukan dua tersangka ES dan TN. Keduanya juga berperan sebagai muncikari para publik figur Ibu Kota.

“Dua DPO ini insyaallah mudah-mudahan hari ini ketangkap. Kalau dua orang ini ketangkap akan lebih besar lagi (kasus prostitusi online). Karena kuncinya di dua orang ini. Walaupun dua orang yang muncikari sudah tahu, intinya di dua orang ini,” kata Luki di Mapolda Jatim, Jumat (11/1/2019).

Menurut Luki, penyidik juga sudah melayangkan surat pemanggilan kepada enam artis dan model yang diduga terlibat prostitusi online. Mereka akan dipanggil untuk diperiksa pekan depan. “Apabila nanti mereka tidak datang kita panggil lagi dan kalau tidak datang lagi, ya kita upaya paksa untuk bawa mereka. Ini untuk memperjelas jaringan kasus prostitusi online,” kata Luki.

BACA JUGA:

Polisi Buru 2 Perempuan Diduga Muncikari Prostitusi Artis

Polisi Ancam Jemput Paksa 6 Artis yang Terlibat Prostitusi Online

Prostitusi Online, Ini Alasan Polda Jatim Beberkan Identitas 6 Artis

Kapolda menyebutkan, penyidik Polda Jatim sebenarnya sudah mengantongi nama-nama dari 45 artis dan 100 model yang diduga terlibat dalam prostitusi online. “Sebenarnya Kabid Humas sudah tahu semua nama-namanya. Tapi, yang sudah ada bukti-buktinya yang kita munculkan,” katanya.

Sebelumnya, Direskrimsus Polda Jawa Timur, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, kedua muncikari yang tengah diincar petugas kepolisian, sama-sama perempuan. Cara kerja dan modusnya pun serupa dengan tersangka ES dan TN.

Menurut Yusep, praktik prostitusi online ini bukan cuma datang dari muncikari. Sebaliknya, para artis juga kerap meminta order kepada muncikari untuk dicarikan pelanggan. Umumnya, mereka para artis yang sudah sepi tawaran pekerjaan.

Permintaan itu disampaikan karena sang muncikari memiliki banyak relasi atau pengguna jasa layanan kencan publik figur tersebut.

Sebelumnya, polisi menggerebek dugaan praktik prostitusi online di sebuah hotel Kota Surabaya, Jatim. Seorang artis Vanessa Angel dan model majalah dewasa, Avriellya Shaqqila, diamankan polisi dalam operasi tersebut.

Polisi menetapkan ES dan TN yang diduga sebagai muncikari prostitusi artis. Dari hasil pemeriksaan sementara ini, sedikitnya ada 45 artis dan 100 model lain, yang ikut dalam jaringan prostitusi online ini.


Editor : Kastolani Marzuki