Kecelakaan Tol Gempol: Bus Rombongan Wisata Religi Tabrak Truk, 4 Tewas, 11 Terluka

Jaka Samudra ยท Jumat, 15 November 2019 - 11:07 WIB
Kecelakaan Tol Gempol: Bus Rombongan Wisata Religi Tabrak Truk, 4 Tewas, 11 Terluka

Bangkai truk yang terguling dan bus pariwisata yang terlibat kecelakaan di Tol Gempol-Pasuruan, Jumat (15/11/2019) pagi. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.idKecelakaan maut terjadi di Tol Gempol-Pasuruan-Probolinggo, tepatnya pada Kilometer (KM) 805, Desa Pandanrejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019) pagi. Bus pariwisata menabrak truk tronton bermuatan semen hingga menyebabkan empat tewas dan 11 penumpang terluka.

Informasi yang dirangkum iNews, saat terjadi kecelakan, bus rombongan wisata religi wali lima yang dikemudikan M Syafii (48) Warga Purworejo, Kota Pasuruan, melaju dengan kecepatan tinggi. Diduga sopir mengantuk dan menghantam truk yang dikemudikan Gunadi, warga Tuban.

Kerasnya benturan menyebabkan truk terguling hingga keluar badan jalan. Sementara bus mengalami kerusakan parah di bagian depan.

BACA JUGA: Minibus Tabrak Truk saat Menyalip di Jalinsum Lahat, 2 Orang Tewas

“Saya lagi tidur gak tahu pasti kejadiannya bagaimana. Saya terbangun saat dengar suara penumpang lain menjerit,” ujar Nurlaila, seorang penumpang bus yang menjalani perawatan di RSUD dr Sudarsono, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya, mereka merupakan rombongan ziarah wisata religi wali lima. Semua penumpang bus warga asal Desa Kalipang, Kecamatan Grati, Pasuruan.

“Kami lagi tujuan ziarah wali lima,” katanya.

Petugas PJR Polda Jatim AKP Lamudji mengatakan, kecelakaan diduga akibat sopir bus mengantuk dan tak dapat mengendalikan kendaraan. Akibatnya, bus menabrak truk yang ada di depannya.

“Analisis kami bus melaju dengan kecepatan tinggi dan melebihi batas,” katanya.

Kecelakaan ini merenggut korban jiwa. Salah satunya sopir bus yang tewas di lokasi kejadian. Sementara tiga korban lain atas nama Zaini, Sultonia dan Rizka Falaha bayi berusia 2 tahun. Sementara korban luka dilarikan ke RSUD dr Sudarsono untuk mendapat perawatan.

“Korban tewas ada empat dan luka-luka 11 orang. Semua korban dari penumpang bus,” ujar Lamudji.

Kasus kecelakaan di Tol Gempol ini sudah dalam penanganan Unit Lakalantas Satlantas Polres Pasuruan Kota. Bangkai bus dan truk yang terlibat kecelakaan juga telah dievakuasi dari TKP.


Editor : Donald Karouw