Kembalikan Dompet Beserta Isinya, 4 Siswa SMP di Blitar Diganjar Penghargaan

Robby Ridwan ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 02:30 WIB
Kembalikan Dompet Beserta Isinya, 4 Siswa SMP di Blitar Diganjar Penghargaan

Kepala SMP 8 Blitar Sri Sulistjo Andrayani memberikan penghargaan kepada empat siswanya yang telah jujur mengembalikan dompet yang mereka temukan ke pemiliknya. (Foto: iNews.id/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id - Empat siswa SMP 8 Kota Blitar, Jawa Timur mendapat penghargaan dari sejumlah kalangan atas aksi dan kejujurannya mengembalikan dompet beserta isinya yang mereka temukan di pinggir jalan kepada pemiliknya.

Aksi keempat siswa tersebut sebelumnya viral di media sosial karena aksi terpujinya itu. Keempat siswa kelas 7 itu yakni, Travis Hemar (14), Hefrian Cahya (12), Nur Hamid (12), dan Gatan Mahendra (12).

Mereka menemukan dompet milik Aris Dwi Cahya Ningrum, warga Kelurahan Tanggung, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar tanpa berkurang sedikit pun. Dompet itu mereka temukan di jalan sepulang sekolah.


Dompet tersebut berisi uang Rp900.000, kartu ATM dan KTP. Untuk sampai ke rumah si empunya dompet itu, mereka harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menaiki sepeda onthel.

Kepala SMP Negeri 8 Kota Blitar, Sri Sulistjo Andrayani mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada empat siswa atas aksi terpujinya yang mengembalikan dompet kepada pemiliknya tanpa berkurang sedikit pun.

“Penghargaan ini untuk menginspirasi pelajar-pelajar yang lain untuk berbuat baik kepada orang lain tanpa rasa pamrih,” katanya di sela-sela HUT ke-35 SMP 8 Blitar, Selasa (13/8/2019).

Usai menerima penghargaan, Hefrian mengaku tidak menyangka jika aksinya bersama ketiga temannya akan mendapatkan penghargaan dari pihak sekolah.

Dia dan teman-teman yang lain mengaku ikhlas saat mengembalikan dompet beserta isinya yang mereka temukan saat pulang sekolah. “Saya kaget dan tak menyangka akan dapat apresiasi seperti ini. Semoga kami bisa jadi lebih baik lagi,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki