Khofifah Resmi Lantik Maryoto sebagai Bupati Tulungagung

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:52 WIB
Khofifah Resmi Lantik Maryoto sebagai Bupati Tulungagung

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melantik Maryoto Birowo sebagai Bupati Tulungagung, Selasa (13/8/2019). (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Maryoto Birowo sebagai Bupati Tulungagung, Selasa (13/8/2019). Maryoto menggantikan Bupati nonaktif Sahri Mulyo untuk sisa masa jabatan 2018-2023.

Pelantikan Maryoto berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.131.35-2795/2019. Pelantikan ini juga dilakukan karena Bupati nonaktif Sahri Mulyo telah diputus bersalah pengadilan dalam perkara korupsi dan telah diberhentikan.

Pada kesempatan itu, Khofifah mengingatkan pentingnya mengelola keuangan daerah dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Dia juga mengingatkan para kepala daerah lebih berhati-hati dalam menggunakan anggaran.

BACA JUGA: Gubernur Khofifah Buka Peluang Kerja Sama Hasil Laut dengan Belarus

“Belanja APBD harus dimaksimalkan, terutama untuk pelayanan publik,” katanya, Selasa (13/8/2019).

Tak hanya itu, Khofifah juga meminta agar penanggulangan kemiskinan di Tulungagung menjadi prioritas. Termasuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kesempatan kerja. Di luar itu, Khofifah juga meminta agar investasi dan ekspor serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan dimaksimalkan.

“Meskipun angka kemiskinan dan pengangguran di Tulungagung masih di bawah rata-rata provinsi, tetap harus tetap diperhatikan agar lebih signifikan lagi ke depannya,” kata Ketua Umum PP Muslimat tersebut.

Khofifah juga mengingatkan kepada bupati untuk segera menyelesaikan agenda prioritas di Tulungagung. Di antaranya pelantikan kepala desa dan penyelesaian permasalahan pemilihan kepala desa serentak di 239 desa, serta pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama.


Editor : Donald Karouw