Kijang Innova Terbakar di Jalan Tol, 2 WNA Jepang Nyaris Jadi Korban

Jaka Samudra · Senin, 08 Oktober 2018 - 15:22 WIB
Kijang Innova Terbakar di Jalan Tol, 2 WNA Jepang Nyaris Jadi Korban

Mobil Kijang Innova terbakar di ruas jalan Tol Pasuruan-Surabaya, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jatim, Senin (8/10/2018). (Foto: iNews/Jaka Samudra)  

PASURUAN, iNews.id – Sebuah minibus Kijang Innova yang mengangkut dua warga negara asing (WNA) Jepang, terbakar di Km 45 ruas jalan Tol Pasuruan-Surabaya, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Senin (8/10/2018). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Menurut sopir Kijang Innova, Irawan Panjiarto (37), warga Surabaya, dia membawa dua penumpang asal Jepang dari Hotel Horizon Kota Pasuruan menuju Kantor Imigrasi Juanda, Sidoarjo, yakni Oshiro Kaoru (29) dan Oci Hiromasa (33).

Saat melintas di Kilometer (Km) 45 ruas Jalan Tol Pasuruan-Surabaya, kap mobil tiba-tiba mengeluarkan asap yang diduga karena mesin bermasalah. Pengemudi terpaksa menepi di jalan akses tol tersebut. Tidak lama kemudian, api mulai membakar kendaraan ini.

BACA JUGA:

Tabrakan Maut di Kotim, Mobil Terbakar Belasan Tewas Terpanggang

Bus Terbakar Hebat di Tol Jatiasih, Lalu Lintas Macet Parah

Sang sopir segera mengevakuasi dua WNA Jepang yang menjadi penumpangnya keluar dari mobil. Barang-barang kedua karyawan perusahaan asing itu juga langsung dibawa ke tempat lebih aman.

“Saya sudah sempat berusaha memadamkan dengan air seadanya, tapi nggak bisa mengatasi. Akhirnya saya putuskan untuk mengevakuasi penumpang saya dan barang-barangnya,” katan Irawan Panjiarto.

Petugas PMK Pemkab Pasuruan langsung turun ke lokasi dan berupaya untuk memadamkan api yang membakar mobil Kijang Innova yang dilalap si jago merah. Namun, asap tebal terus membubung tinggi di atas kendaraan tersebut.

Aparat kepolisian mendatangi dan terpaksa memblokir ruas tol tersebut untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Dalam waktu singkat, kendaraan ini hanya tinggal puing-puing setelah dilalap si jago merah.

Meski tidak ada korban jiwa, kebakaran ini masih dalam penyelidikan petugas Polsek Gempol untuk mengetahui apakah murni kecelakaan atau ada unsur kesengajaan. Apalagi, dua penumpang yang nyaris menjadi korban merupakan WNA.

“Kami masih memeriksa sopir di Mapolsek untuk mengetahui penyebab kebakaran ini. Namun, kami belum mengetahui pasti penyebab mobil terbakar, masih dalam penyelidikan,” kata Kanitreskrim Polsek Gempol Ipda Khoirul Anam.

Polisi juga telah mengamankan puing-puing mobil yang terbakar ke Pos Lantas Gempol Kabupaten Pasuruan untuk penyelidikan kasus ini. Sementara ruas akses tol sudah berjalan normal kembali setelah kendaraan ini dievakuasi ke pos lantas setempat. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Editor : Maria Christina