KM Amin Jaya Tenggelam di Perairan Sumenep, 2 Tewas dan 11 Hilang

Ihya' Ulumuddin ยท Senin, 17 Juni 2019 - 20:03 WIB
KM Amin Jaya Tenggelam di Perairan Sumenep, 2 Tewas dan 11 Hilang

Korban selamat dari KM Amin Jaya yang tenggelam di perairan Sumenep, Madura, Jatim, dirawat di Puskesmas Dungkek. (Foto: iNews)

SURABAYA, iNews.id – Kapal Motor (KM) Amin Jaya tenggelam di perairan Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (17/6/2019). Dua penumpang meninggal dunia, sedangkan 29 penumpang selamat dan 11 lainnya dinyatakan hilang dalam musibah tersebut.

Informasi yang dihimpun, kapal berisi 40 penumpang dan dua ABK (anak buah kapal) tersebut tenggelam sekitar pukul 15.00 WIB, saat perjalanan dari Gua-gua, Kecamatan/Pulau Raas menuju Kalianget. Namun, saat melintas di perairan Sapudi dan Giliyang, kapal oleng dan tenggelam.

Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal penumpang itu. Saat ini, Polres Sumenep dan Basarnas masih menyelidiki, termasuk mencari korban hilang.

“Informasi dari Polres Sumenep, ada 40 penumpang dan dua ABK, termasuk nakhoda. Dua di antaranya meninggal dunia. Sementara 29 orang selamat,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

BACA JUGA: Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Margeta Alor NTT, 2 Tewas dan 8 Hilang

Dia mengatakan, 29 orang korban selamat telah dievakuasi ke puskemas untuk mendapatkan perawatan. Sedankan dua korban meninggal telah dievakuasi. Masing-masing atas nama Zahra (28) dan Hanisa (30).

Humas Basarnas Surabaya Tholib Mahameru mengatakan, regu penolong Basarnas telah diterjunkan ke lokasi. Sore tadi, mereka berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju lokasi kejadian. “Sore tadi regu penolong menuju lokasi menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 225 Widura,” katanya.

Tholib mengatakan, kapal yang tenggelam bernama KM Amin Jaya dengan jumlah penumpang 40 orang, serta dua orang Anak Buah Kapal (ABK). “Informasi sementara yang kami dapat, 29 penumpang berhasil diselamatkan, termasuk di antaranya seorang ABK," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki