Koordinator Tour of Jihad Serahkan Diri ke Polda Jatim

Ihya' Ulumuddin ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 15:29 WIB
Koordinator Tour of Jihad Serahkan Diri ke Polda Jatim

Koordinator Tour of Jihad menyerahkan diri ke Polda Jawa Timur. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id – Koordinator Tour of Jihad, M Ronni dan Penni, menyerahkan diri ke Polda Jawa Timur. Mereka menyampaikan permohonan maaf dan membatalkan agenda tur ke Jakarta 22 Mei mendatang.

Permohonan maaf tersebut disampaikan melalui pernyataan tertulis bermaterai, dan diserahkan ke penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim, Minggu (19/5/2019).

Dia berdalih, tour of jihad yang dimaksud, bukan untuk bergabung dengan gerakan people power di Jakarta. Tetapi untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berwisata atau mencari nafkah ke Jakarta.

"Ajakan kami melalui tur jihad ini terlalu dibesar-besarkan. Apa yang kami maksud bukan untuk berperang (berbuat makar). Tetapi, saya akui ini salah, dan kami sampaikan permohonan maaf. Acara tur ini juga kami batalkan karena peminatnya juga sedikit," katanya.

Meski begitu, polisi tidak begitu saja percaya dan mengamini permohonan maaf tersebut. Hari ini kedua koordinator tersebut tetap diperiksa di Ditreskrimsus Polda Jatim.

"Enak saja, setelah bikin resah, lalu minta maaf. Pasti akan tetap kami proses. Akan kami selidiki, motif dan tujuannya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Sebab, ada indikasi tour of jihad tersebut sengaja dibuat untuk memobilisasi massa ke Jakarta pada 22 Mei mendatang. Temuan ini disampaikan berdasarkan posting-an tentang ajakan tur tersebut di media sosial.

"Mereka (koordinator jihad) ini sudah merencanakan dengan matang. Mulai tarifnya berapa, fasilitas kendaraannya apa, hingga penginapan. Jadi sudah ada paket-paketnya," katanya.

Ada beberapa jenis paket yang ditawarkan. Pertama, bus besar isi 50 orang, dengan biaya Rp450.000. Kedua, paket bus mini isi 30 orang seharga Rp 400.000.

Paket ketiga yakni mobil Elf, kapasitas 12 orang Rp600.000. Paket keempat adalah mobil minibus kapasitas enam orang dengan biaya Rp600.000.

Tur berangkat dari Surabaya menuju Jakarta pada 19 Mei pukul 06.00 WIB. Kemudian pulang dari Jakarta ke Surabaya pada 23 Mei pagi hari.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal