Korban Gempa Situbondo Diminta Tak Risau, Semua Kebutuhan Ditanggung

Ihya' Ulumuddin ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:31 WIB
Korban Gempa Situbondo Diminta Tak Risau, Semua Kebutuhan Ditanggung

Gubernur Jatim Soekarwo memberi keterangan pers sebelum terbang ke Sumenep, Kamis (11/10/2018). (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengimbau para korban gempa bumi di Situbondo dan Sumenep tidak risau. Pemerintah provinsi dan kabupaten akan menjamin seluruh kebutuhan para korban yang terdampak musibah itu.

Imbauan ini juga telah disampaikan Soekarwo kepada camat setempat, pascagempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang sejumlah wilayah di Jatim. “Saya informasikan, pertama, rumah rusak akan menjadi tanggung jawab provinsi. Yang kedua, mereka yang sakit, silakan tanggung jawab kabupaten,” kata Soekarwo saat ditemui di Mapolda Jatim, sesaat sebelum terbang ke Sumenep, Kamis (11/10/2018).

Kendati demikian, Soekarwo mengaku tetap memberi keluasaan bagi pemerintah kabupaten. Misalnya ketika Pemkab tidak sanggup untuk pengobatan para korban, maka Pemprov Jatim siap memberikan jaminan.  “Ini sudah saya tawarkan kepada bupati setempat. Kata pak bupati, terserah pak gubernur saja,” ujarnya.

BACA JUGA:

13 Gempa Susulan Terjadi hingga Pagi Ini di Situbondo

Soekarwo Langsung Terbang dengan Heli ke Sumenep Pantau Korban Gempa

Selain pengobatan korban luka dan biaya perbaikan infrastruktur khususnya rumah tinggal, Pemprov Jatim juga memberikan santunan kepada korban meninggal dunia. Saat ini, jumlah korban jiwa akibat gempa bumi tercatat sementara tiga orang.

“Tapi lebih daripada itu, kehadiran beliau beliau (Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim) memberikan rasa tenang masyarakat, bahwa pemerintah hadir di tempat itu dan menyelesaikan permasalahan di sana,” kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini.

Pakde Karwo mengatakan, semua tim sudah bergerak, segala keperluan logistik untuk keperluan perbaikan rumah juga sudah dikirim. Perbaikan rumah, dibantu langsung oleh prajurit TNI AD dari Kodam V Brawijaya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, bertolak dari Mapolda Jatim ke Sumenep sekitar 09.30 WIB, dengan menggunakan helikopter.


Editor : Maria Christina