KPU Kota Surabaya Absen Ikut Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Ini Penyebabnya

Ihya' Ulumuddin ยท Minggu, 05 Mei 2019 - 20:10 WIB
KPU Kota Surabaya Absen Ikut Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Ini Penyebabnya

KPU Jatim menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kota Surabaya. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - KPU Jawa Timur menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019, Minggu (5/5/2019). Dari 38 KPU kota dan kabupaten di provinsi ini, hanya KPU Kota Surabaya yang absen di hari pertama rekapitulasi karena proses penghitungan di tingkat kota belum selesai.

Sementara 37 kabupaten/kota lainnya telah hadir dan menunggu giliran. Meski demikian, KPU Jatim tetap melanjutkan proses rekapitulasi sesuai tahapan.

"Kita lakukan secara beririsan. Artinya, KPU Surabaya tetap melanjutkan penghitungan suara Pemilu yang belum selesai. Sedang KPU Jawa Timur, sembari menunggu, tetap melakukan penghitungan sampai selesai hingga 9 Mei mendatang," kata Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, Minggu (5/5/2019).

Untuk rekapitulasi hari ini, kata Anam, ada tujuh kota, yaitu Kediri, Blitar, Pasuruan, Mojokerto, Mediun, Batu, dan Probolinggo. "Untuk hari ini kita persiapkan ada tujuh kota yang akan kita lakukan proses rekap," katanya.

BACA JUGA: Pleno Rekapitulasi Suara KPU Pekalongan Diprotes Saksi dan Bawaslu

Selanjutnya, Senin (6/5/2019) besok, dilanjutkan Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan. Rekapitulasi 7 Mei: Kabupaten Trenggalek, Tulungangung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember, dan banyuwangi.

Tanggal 8 Mei: Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Mediun, dan Magetan. Kemudian terakhir, 9 Mei: kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Surabaya.  

"Selesai di Jatim, kita akan langsung melakukan proses rekapitulasi di tingkat nasional," katanya. 

Anam berharap, proses rekapitulasi suara di KPU Jawa Timur ini cepat selesai, tidak harus menunggu sampai tanggal 9 Mei. "Lebih cepat leboh baik. Jika tiga hari selesai ya kita lakukan tiga hari," tandasnya.

Divisi Hukum Bawaslu Jatim Purnomo Satrio Pringgo memastikan realtita di TPS tetap terjaga hingga di level provinsi. "Jadi kalau di tps ada suara 10, maka sampai level provinsi ini suaranya juga sama.  Kami bersyukur,  sebab semua pihak ikut mengawal proses rekapitulasi dari sejak awal hingga akhir," katanya.  

Terkiat klaim beberapa pihak atas adanya indikasi kecurangan, Purnomo berharap agar mereka ikut mengawal dan mengawasi. Sehingga klaim tersebut bisa dibuktikan bersama-sama. 

Sementara itu, sejumlah partai politik berharap proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 ini berjalan aman dan lancar sampai tuntas. Artinya, tidak ada kecutangan selama proses perhitungan. 

"Semua pihak pasti berharap proses ini berjalan baik, jujur dan adil. Dan alhamdulillah, sejauh ini berjalan aman, lancar dan transparan. Sehingga proses rekapitulasi ini berjalan kondusif.  Mudah-mudahan ini terjaga hingga rekap selesai," kata perwakilan DPD Golkar Jatim, Kodrat Sunyoto. 

Untuk diketahui, proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Jatim ini akan berlangsung selama lima hari ke depan mulai 5-9 Mei mendatang.

 


Editor : Kastolani Marzuki