Lereng Gunung Gumitir Longsor, Akses Jember-Banyuwangi Terganggu

Bambang Sugiarto, Ihya' Ulumuddin ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 14:22 WIB
Lereng Gunung Gumitir Longsor, Akses Jember-Banyuwangi Terganggu

BPBD Jember, polisi dan warga saat mengevakuasi pepohonan yang longsor di lereng Gunung Gumitir. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

SURABAYA, iNews.id - Lereng Gunung Gumitir di sisi selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), mengalami longsor, Kamis (6/12/2018). Sejumlah pohon tumbang, material tanah dan bebatuhan jatuh menutup jalan hingga menutup akses Jember-Banyuwangi.

Pantauan iNews, akibat insiden ini arus lalu lintas dari arah Jember maupun Banyuwangi terganggu dan menimbulkan kemacetan cukup panjang hampir 2 kilometer (Km).

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember dibantu polisi sudah datang di lokasi untuk mengevakuasi material longsor yang menutup jalan tersebut. Namun, medan jalan yang sempit membuat proses pembersihan ini membutuhkan waktu cukup lama.


Penuturan sejumlah warga di lokasi, longsor terjadi akibat hujan deras sejak Rabu (5/12/2018) hingga malam. Rembesan air membuat lereng Gumitir ambrol dan menyebabkan longsor. Hal itu lantaran jenis tanah di lereng gunung ini labil sehingga mudah longsor. Apalagi pohon penyangga juga sedikit.

BACA JUGA: Tebing Longsor Tutup Jalur Lintas Riau-Sumbar, Jalan Macet Parah

Kanit Lantas Polsek Sempolan Ipda Suparman memastikan, tidak ada korban saat insiden longsor terjadi. Sebab ketika material batu dan pepohonan berjatuhan, lintasan jalan raya sedang sepi dari pengendara.

"Sudah kami cek bersama BPBD tidak ada korban dalam musibah ini, hanya gangguan lalu lintas saja. Mudah-mudahan ini (material longsor) bisa cepat dibersihkan sehingga akses jalan bisa lancar kembali," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat dan pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas di sisi selatan, Gunung Gumitir. Sebab, di musim hujan seperti ini, lereng gunung kerap terjadi longsor.


Editor : Donald Karouw