Mandi di Laut, 2 Wisatawan Hilang Terseret Ombak di Pantai Blitar

Roby Ridwan ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 17:53 WIB
Mandi di Laut, 2 Wisatawan Hilang Terseret Ombak di Pantai Blitar

Petugas SAR menyisir lokasi Pantai Pangi Blitar untuk mencari korban hilang terseret arus ombak. (Foto: iNews/Roby Ridwan).

BLITAR, iNews.id - Dua orang wisatawan di Pantai Pangi Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim) diduga tenggelam terseret arus ombak. Korban dinyatakan hilang dan kini sedang dalam pencarian tim SAR gabungan.

Kejadian tersebut berawal pada Selasa (11/6/2019) saat kedua korban dan 12 orang temannya sedang mandi di laut. Kemudian, muncul ombak besar yang menyeret tujuh orang di antara mereka.

"Dari tujuh orang itu, lima di antaranya berhasil selamat. Tapi dua orang hilang diduga terseret ombak," kata Kapolsek Bakung, AKP Imam Subekhi, di Pantai Pangi, Kecamatan Kabung, Kabupaten Blitar, Jatim, Rabu (12/6/2019).

BACA JUGA: SAR Manokwari Bantu Cari 9 Penumpang Perahu Tenggelam di Perairan Numfor Papua

Menurut dia, petugas penjaga pantai sebetulnya sudah memasang imbauan agar wisatawan tidak mandi di laut. Alasannya, gelombang ombak sedang tinggi, sehingga dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan.

"Tampaknya yang bersangkutan tidak mengindahkan imbauan tersebut," ujarnya.

Ketua Tim Basarnas, Brian Adam mengatakan, dalam pencarian di hari kedua ini, pihaknya dibantu jajaran kepolisian, TNI dan BPBD Kabupaten Blitar.

BACA JUGA: 18 Penumpang Kapal Longboat yang Hilang di Perairan Raja Ampat Ditemukan Selamat

Menurut dia, tim dibagi menjadi dua. Pertama menyisir di wilayah darat, dan kedua di laut. Namun, tingginya ombak hingga empat meter menjadi kendala bagi tim dalam mencari kedua korban.

"Jadi petugas sementara ini akan memaksimalkan pencarian dengan menyisir pantai dengan radius hingga lima kilometer," ujar dia.

Rencananya, pencarian kedua korban akan terus dilakukan selama satu pekan ke depan. Sementara itu, korban selamat lainnya sudah diperbolehkan pulang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal