Meme Tuman Bergambar Gubernur Jatim Khofifah Tampar Romy Viral

Ihya' Ulumuddin ยท Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:56 WIB
Meme Tuman Bergambar Gubernur Jatim Khofifah Tampar Romy Viral

Ilustrasi media sosial. (Foto: Okezone)

SURABAYA, iNews.id – Meme “tuman” bergambar Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kembali viral. Kali ini tentang namanya yang disebut oleh mantan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy (Romy) terkait dalam kasus jual beli jabatan di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jatim.

Seolah gemas dengan pernyataan Romy tentang keterlibatan Khofifah, kreator meme itu pun membuat gambar Khofifah sedang menampar Romy lengkap dengan kalimat.

BACA JUGA:

Dituding Romy Rekomendasi Haris Jadi Kakanwil Kemenag, Khofifah Kaget

KH Asep Bantah Romy Beri Rekomendasi Haris Jadi Kepala Kemenag Jatim

Ada dua meme “tuman” yang dibuat oleh kreator dan viral di sejumlah grup WhatsApp. Isinya sama-sama menyalahkan Romy lantaran mencatut nama Khofifah dalam kasus jual beli jabatan yang menjeratnya.

Meme tersebut berisi kata-kata, “koen sing ngedol jabatan, aku kok katut-katutno, Tuman! (kamu yang jual jabatan, saya kamu ikut-ikutkan!)”. meme kedua, yakni “Ora melu mangan nongko arep mbok wenehi pulute, tuman (tidak ikut makan buah nangka, mau kamu kasih getahnya!)”.

 


Belum diketahui siapa kreator meme “tuman” tersebut. Kuat dugaan, mereka adalah para pendukung Khofifah yang kesal dengan tudingan Romy.

Sebab, meme ini muncul setelah Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyampaikan bantahan atas tudingan Romy tersebut.

“Apa yang disampaikan mas Romy itu sama sekali tidak benar. Saya juga kaget, rekomendasi dalam bentuk apa yang saya sampaikan. Jadi, silakan teman-teman (wartawan) bisa mengonfirmasi kepada Mas Romy,” kata Khofifah, Sabtu (23/3/2019).

Atas pernyataannya itu, Khofifah pun siap memberikan klarifikasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diketahui, meme "tuman" yang memperlihatkan gambar seseorang menampar orang lain, sedang viral di media sosial karena isinya yang kocak. Gambarnya disertai kata-kata sindiran-sindiran mengenai kehidupan sehari-hari. Ciri khasnya, dalam meme selalu disertakan dengan kata Tuman di akhir kalimat.


Editor : Maria Christina