Mendagri Akan Panggil Bupati Madina, Sarankan Tidak Mengundurkan Diri

Eko Suryono ยท Kamis, 25 April 2019 - 16:53 WIB
Mendagri Akan Panggil Bupati Madina, Sarankan Tidak Mengundurkan Diri

Mendagri Tjahjo Kumolo seusai memberikan penghargaan kepada bupati dan wali kota berprestasi di Banyuwangi, Jatim. (Foto: iNews.id/Eko Suryono)

BANYUWANGI, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memanggil Bupati Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara, Dahlan Hasan Nasution yang memilih mengundurkan diri karena gagal memenangkan pasangan 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilu 2019 di daerahnya.

Tjahjo menyarankan agar Dahlan tidak mundur dari jabatannya karena dia dipilih rakyat. Tjahjo juga meminta Dahlan untuk memikirkan kembali keputusannya itu.

“Intinya, kalau memungkinkan dia tidak usah mundur. Sebab, dia dipilih oleh rakyat sebagai pemimpin yang amanah. Dia juga berprestasi,” kata Tjahjo Kumolo seusai memberikan penghargaan kepada bupati dan wali kota dengan kinerja tertinggi di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/4/2019).

Menurut Tjahjo, pengunduran diri pejabat daerah hanya karena masalah politik itu bukan sesuatu yang prinsip. “Masalah politis (Pemilu) ini bagian dari dinamika,” katanya.

Kekecewaan Dahlan Hasan Nasution yang memilih mundur dari jabatannya bukan tanpa alasan. Dia merasa selama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Kabupaten Madina mendapat banyak proyek strategis yang dibangun lewat anggaran APBN.

BACA JUGA:

Bupati Madina: Presiden Tidak Menyetujui Pengunduran Diri Saya

Bupati Madina Akhirnya Bicara Alasan Pengunduran Dirinya ke Presiden

Namun, pembangunan itu ternyata tidak mampu menaikkan pamor Jokowi di Madina. “Kami hargai itu, karena dia menunjukkan tanggung jawab yang baik. Secara prinsip lebih baik tidak usah mundur,” ujarnya.

Diketahui, Dahlan menandatangani surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi pada Kamis, 18 April 2019 lalu. Sebagaimana dalam suratnya kepada Presiden, dia mundur karena kecewa dengan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) pada 17 April lalu. 

Di luar harapan, perolehan suara Jokowi-KH Ma'ruf Amin kalah telak dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Sementara Jokowi selama ini dinilai telah banyak memperhatikan Madina.

“Sebenarnya yang melatarbelakangi saya adalah rasa tanggung jawab yang tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pak Presiden itu cukup banyak memperhatikan Mandailing Natal,” ujarnya.

BACA JUGA: Begini Isi Surat Pengunduran Diri Bupati Madina kepada Presiden

Penasihat hukum Pemkab Madina Ridwan Rangkuty juga meminta warga tidak lagi berpolemik terkait surat pengunduran diri bupati lantaran hasil pilres tak sesuai harapan. Bupati Madina sudah menyampaikan alasan pengunduran dirinya dan Presiden Jokowi sudah langsung memintanya untuk tidak mengundurkan diri.


Editor : Kastolani Marzuki