Modus Bantu Mencarikan Pekerjaan, Bidan Desa di Gresik Tipu 10 Orang hingga Ratusan Juta

Agus Ismanto ยท Kamis, 07 November 2019 - 01:30 WIB
Modus Bantu Mencarikan Pekerjaan, Bidan Desa di Gresik Tipu 10 Orang hingga Ratusan Juta

Pelaku penipuan yang merupakan bidan desa di Gresik. (Foto: iNews/Agus Ismanto).

GRESIK, iNews.id - Seorang bidan desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim), diamankan polisi atas dugaan kasus penipuan. Pelaku telah memperdaya 10 orang korbannya dengan modus membantu mereka mendapatkan pekerjaan di PT Petro Jordan Abadi.

Pelaku, Merry Purwaning (37), sehari-hari bekerja sebagai tenaga medis di Puskesmas Cerme. Namun dia mengaku punya jaringan di perusahaan penghasil asam sulfat di Gresik tersebut yang dapat membantunya saat rekrutmen karyawan.

Para korban yang yakin dengan tersangka kemudian siap memenuhi permintaannya, yakni menyerahkan uang senilai Rp15 juta - Rp145 juta. Uang tersebut merupakan syarat agar calon bekerja tersebut dapat diterima di PT Petro Jordan Abadi Gresik.

BACA JUGA: Rebutan Sabu, Pemuda di Palembang Tikam Sepupu Istri hingga Tewas

"Korban yang melapor ada 10 orang. Modusnya penggantian karyawan di perusahaan tersebut yang akan pensiun," kata Kapolsek Cerme, AKP Iwan Harry Poerwanto, Rabu (6/11/2019).

Mirisnya, mereka yang menjadi korban Merry bukanlah orang-orang jauh. Dari hasil pemeriksaan petugas, sebagian besar merupakan rekan-rekan kerja tersangka di lingkungan puskesmas dan para tenaga medis lainnya.

BACA JUGA: Memilukan, Pemuda di Bandung Tikam Saudara Sepupu Gara-Gara Cinta Segitiga

Kepada polisi, Merry mengaku, terpaksa menipu teman-temannya ini karena dia terjerat utang dengan nominal besar. Dia sebelumnya juga menjadi korban penipuan oknum pegawai Dinas Perhubungan yang mengaku bisa meloloskannya tes CPNS tahun lalu.

"Saya juga terlilit utang karena harus membayar uang masuk CPNS," ujar dia.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Ibu satu anak ini juga diamankan petugas di Mapolsek Cerme Gresik.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal