Parade Budaya Festival Pesona Lokal 2018 Pukau Warga Malang

Ihya' Ulumuddin ยท Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:11 WIB
Parade Budaya Festival Pesona Lokal 2018 Pukau Warga Malang

Salah satu peserta parade budaya di Festival Pesona Lokal, di Kota Malang, Minggu (14/10/2018). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MALANG, iNews.id - Parade Karnaval Budaya, Minggu (14/10/2018) memukau masyarakat Kota Malang. Rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal (FPL) 2018 tampil luar biasa dengan suguhan pesona budaya dari berbagai daerah di Jawa Timur.  Tak pelak, ribuan warga pun datang menyerbu. Beberapa di antara mereka bahkan telah bebaris di sepanjang rute karnaval sejak pukul 06.00 WIB.

"Senang sekali mas pagi-pagi ada acara begini. Apalagi sudah lama tidak ada event budaya di sini," tutur salah seorang warga M Najih Muslim, Minggu (14/10/2018).

Najih mengaku, warga Malang sangat gandrung dengan event bertema budaya. Karena itu begitu ada kabar FPL, dia bersama keluarga langsung berbondong-bondong datang. Tak sekadar menyaksikan, mereka juga berebut foto selfie, atau mengabadikan aksi atraktif para peserta. 


Tema yang disuguhkan oleh para peserta memang beragam. Menyesuaikan ciri khas budaya masing-masing daerah. Seperti Jaranan dari Mojokerto, reog dari Ponorogo, hingga replika raja-raja Jawa terdahulu. 

Lebih dari 2.500 peserta ikut ambil bagian dalam event ini. Mereka menampilkan beragam budaya mulai dari baju adat dan musik tradisional hingga seni pertunjukkan khas budaya Jawa Timur. Karnaval budaya ini melewati rute karnaval dengan panjang kurang lebih 2,2 kilometer.


Chief of Marketing and Digital Business Officer Adira Finance Suwandajani Gunadi mengatakan,  parade budaya ini sengaja digelar untuk mengangkat potensi budaya lokal. "Event ini kami gelar dalam rangka HUT Adira Finance ke-28. Dan sebagai komitmen kami terhadap potensi budaya daerah, kami angkat tema lokal ini," katanya.

Untuk diketahui, Festival Pesona Lokal Malang  menghadirkan ragam budaya dan  kearifan lokal Jawa Timur dalam berbagai kegiatan antara lain parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, bazar UMKM dan Pasar Rakyat. Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance.


Editor : Himas Puspito Putra