Pengurus NU Se-Jatim Kumpul Bahas Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 04 September 2018 - 09:51 WIB
Pengurus NU Se-Jatim Kumpul Bahas Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Bakal Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menemui wartawan sesuai menggelar pertemuan tertutup dengan pengurus NU di seluruh Jatim, Senin (3/9/2018) tadi malam. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Bakal Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin terus memantapkan dukungan di Jawa Timur. Setelah seharian berkunjung ke Pondok Pesantren di Kediri dan Jombang, tadi malam, Rais Aam PBNU ini bertemu dengan pengurus PWNU Jawa Timur beserta pimpinan badan otonom (Banom) dan PCNU se-Jawa Timur.

Acara yang dipusatkan di kantor PWNU Jawa Timur ini digelar tertutup. Selama kurang lebih dua jam para petinggi NU Jawa Timur ini bertemu.

Informasi yang dihimpun, pertemuan tersebut untuk mendengarkan penjelasan Kiai Ma’ruf terkait keputusannya maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi Jokowi. Agenda lainnya adalah membahas strategi pemenangan Jokowi-Ma’ruf pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 nanti.

“Saya malam ini hadir untuk pamit sekaligus menjelaskan alasan mendampingi Pak Jokowi. Alhamdulillah mereka dapat mendukung langkah yang saya ambil. Dan ini sudah disetujui oleh pengurus besar, pengurus wilayah dan cabang,” katanya, Senin (3/9/2018) malam.

Makruf menjelaskan, keputusannya untuk maju sebagai Cawapres merupakan tanggung jawab keumatan dan kebangsaan. Hal itu juga menjadi bagian dari tanggung jawab NU dalam mengabdi bangsa dan negara. “Alhamdulillah semua mendukung dan siap,” imbuhnya.  

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu juga meyakini dukungan NU di Jawa Timur terhadap dirinya bersama Jokowi telah 100%. Kendati demikian pihaknya akan terus melakukan konsolidasi dengan semua jaringan dan elemen di bawah.

“Katanya 100%, Alhamdulillah. Semuanya siap. Nanti dirumuskan di Jatim, strateginya kayak apa. Nanti mereka (tim pemenangan NU di Jatim) yang ngatur,” ucapnya.

Di tempat sama, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memastikan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Timur akan segera terbentuk. Namun, komposisinya seperti apa, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini belum bisa menjelaskan.

“Khusus untuk NU dan yang mendampingi Kiai Ma’ruf akan dikomandani KH Abdussalam Sohib. Pengasuh Ponpes Mambaul Marif Denanyar Jombang,” katanya.


Editor : Himas Puspito Putra