Perkuat Budaya Nusantara, Wali Kota Malang Minta FPL Digelar Rutin

Ihya' Ulumuddin ยท Minggu, 14 Oktober 2018 - 10:57 WIB
Perkuat Budaya Nusantara, Wali Kota Malang Minta FPL Digelar Rutin

Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

MALANG, iNews.id - Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi gelaran Festival Pesona Lokal (FPL). Orang nomor satu di Kota Malang ini menilai  gelaran budaya seperi FPL bisa menguatkan budaya sebuah wilayah.

"Hari ini banyak generasi muda lupa dengan budaya Indonesia. Maka event budaya seperti FPL ini harus dikuatkan lagi.  Harus digalakkan terus," kata Sutiaji saat memberikan sambutan pembukaan FPL di Lapangan Rampal, Minggu (14/10/2018).

Sutiaji mengatakan, menjadi modern tidak menjadi masalah. Namun bukan berarti menjadi kebarat-baratan. Karena itu, penyadaran diri melalui event budaya seperti FPL menjadi penting. Sebab dengan event tersebut orang menjadi ingat dan mengerti akar budayanya. 

"Otak kita boleh orientalis. Kita boleh berpikir maju seperti orang Jerman. Tetapi adat ketimuran tetap harus dijunjung," tuturnya.

Karena itu, dia beryukur ada banyak stake holder yang peduli terhadap penguatan budaya seperti iNews maupun Adira. Dia berharap, instansi dan lembaga lain ikut meniru, sehingga budaya Nusantara menjadi kuat.

BACA JUGA:

Parade Budaya Festival Pesona Lokal 2018 Pukau Warga Malang

Animo Tinggi, FPL Diyakini Dongkrak Wisatawan Lokal dan Mancanegara


"Indonesia ini terdiri atas  banyak suku, etnis, agama dan juga bahasa. Entitas itu harus dikuatkan melalui pelestarian budaya ini. FPL ini bagus sekali. Mudah-mudahan tiap tahun ada terus," katanya.

Lebih dari itu, Sutiaji juga bersyukur Malang dipilih menjadi tempat ajang FPL.  Baginya, hal itu  penghargaan luar biasa. "Maka saya mewakili kera-kera ngalam (Arek-arek Malang) mengucapkan terimakasih atas acara ini," kata wali kota yang belum genap sebulan dilantik ini.

CEO iNews  David Fernando Audy juga memberikan apresiasi sama. Dia juga berterima kasih atas sambutan wali kota dan warga Kota Malang. "Terima kasih Pak Wali Kota. Dan untuk warga Kota Malang selamat menikmati acara FPL ini sampai selesai," katanya.

Chief of Marketing and Digital Business Officer Adira Finance Swandajani Gunadi menambahkan, sebagai komitmen Adira terhadap pelestarian budaya, pihaknya berjanji untuk terus mengadakan event serupa di tahun mendatang.


Editor : Himas Puspito Putra