Polda Jatim: 5 Rekan Sesama Artis Vanessa Angel Diperiksa Pekan Depan

Ihya' Ulumuddin ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 14:58 WIB
Polda Jatim: 5 Rekan Sesama Artis Vanessa Angel Diperiksa Pekan Depan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (11/1/2019). (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Polisi terus mengembangkan kasus dugaan prostitusi online yang melibatkan para artis. Dalam waktu dekat, penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim mengagendakan akan memanggil lima rekan artis lainnya yang ditengarai ikut terlibat.

Kelima artis dimaksud antara lain AC, TP (awalnya disebut TB) dan BS. Ketiganya masuk dalam daftar artis milik Tentri alias TN, muncikari yang telah ditetapkan tersangka. Sementara dua lainnya yakni ML dan RF, yang masuk dalam daftar artis milik ES alias Siska. Mereka merupakan lima dari 45 artis jaringan muncikari ES dan TN.

“Sudah diagendakan. Minggu depan yang bersangkutan akan kami panggil. Pemanggilan ini berdasarkan bukti otentik yang ada. Keterangan mereka ini perlu untuk menguatkan bukti atas prostitusi kasus dugaan prostitusi ini,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (11/1/2019).

Sebelumnya, inisial kelima artis tersebut telah diungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Mereka merupakan bagian dari 45 artis yang masuk dalam jaringan prostitusi online kelompok Vanessa Angel.

BACA JUGA: Aktif di Bisnis Prostitusi Online, Vanessa Angel Bisa Jadi Tersangka

“Ada 45 artis dan 100 model dalam jaringan ini. Lima artis sudah teridentifikasi. Ada bukti otentik keterlibatan mereka,” ujar Luki.

Bukti tersebut di antaranya transkrip percakapan dengan muncikari, screenshot transfer di WhatsApp, rekening koran dari perbankan, serta bukti digital berupa gambar dan video. “Semua sudah dilakukan uji laboratorium forensik dan benar adanya,” ucap Kapolda.

Diketahui, Sabtu (5/1/2019) lalu, polisi menggerebek praktik prostitusi online di sebuah hotel di Surabaya. Dari hasil operasi senyap itu, polisi mengamankan artis Vanessa Angel dan model majalah pria dewasa Avriellya Shaqqila. Saat itu, Vanessa ditangkap bersama pegusaha tambang berinsial R. Sementara Avriellya diamankan dalam perjalanan menuju hotel.

Hasil pemeriksaan, artis Vanessa Angel mendapat bayaran Rp80 juta atas jasa layanan kencan singkat yang diberikan. Sementara Avriellya Rp25 juta. Hasil pengembangan dan pengakuan muncikari yang telah ditetapkan tersangka, polisi lantas mendapati ada 45 artis  dan 100 model lain yang ikut dalam jaringan prostitusi online yang telah menyita perhatian publik dalam sepekan terakhir.


Editor : Donald Karouw