Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Brimob ke Papua Buru KKB

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 18:17 WIB
Polda Jatim Kirim 100 Pasukan Brimob ke Papua Buru KKB

Ilustrasi anggota Brimob. (Foto: Okezone)

SURABAYA, iNews.id - Aparat kepolisian menambahkan kekuatan pasukan untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), termasuk di antaranya dari Satuan Polda Jawa Timur. Rabu (5/12/2018) besok, sedikitnya 100 personel Brimob akan dikirim ke Papua untuk memburu kelompok kriminal tersebut. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pasukan Brimob ini akan diberangkatkan sekitar pukul 19.00 WIB. Menggunakan pesawat Sriwijaya Air. Mereka akan langsung menuju markas Polda Jatim dan bergabung bersama satuan di sana.

"Mereka akan bergabung dengan pasukan di Polda Papua. Penggunaannya (Brimob Polda Jatim), tergantung kebutuhan di sana (Papua)," katanya, Selasa (4/12/2018).

BACA JUGA: 

2 Karyawan PT Istaka Selamat dari Serangan Brutal KKB di Nduga

Menhan: Tak Ada Negosiasi Bagi KKB Papua, Menyerah atau Diselesaikan

Penembakan KKB, Dirut PT Istaka Karya Sebut Ada 28 Pekerja Trans Papua


Yang pasti, lanjut Barung, polisi akan melakukan langkah sesuai standar operasional prosedur (SOP) yaitu penyelamatan pada korban. "Secara rinci kemampuan dari Brimob yang berangkat ke Papua tidak bisa saya terangkan," katanya.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu terjadi pembantaian terhadap 31 pekerja PT Istaka Karya (BUMN) oleh KKB. Mereka dibunuh secara sadis saat membangun Jembatan Kali Yigi-Kali Aurak, Kecamatan Nduga Papua. 

Polisi telah melakukan penyelidikan terhadap aksi biadab ini. Namun, sejauh ini, motif dari pembunuhan sadis itu masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan.

Hingga saat ini, upaya aparat untuk mengevakuasi korban belum membuahkan hasil. Aparat masih kesulitan menembus blokade KKB di lokasi kejadian.


Editor : Himas Puspito Putra