Polda Jatim Musnahkan 5,5 Kg Sabu dan 70.000 Botol Miras Ilegal

Ihya' Ulumuddin ยท Selasa, 28 Mei 2019 - 13:42 WIB
Polda Jatim Musnahkan 5,5 Kg Sabu dan 70.000 Botol Miras Ilegal

Pemusnahan miras selama operasi penyakit masyarakat. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin).

SURABAYA, iNews.id – Polda Jawa Timur memusnahkan aneka jenis narkoba dan minuman keras (miras), Selasa (28/5/2019). Masing-masing yakni 5,5 kilogram sabu, 70.000 botol miras berbagai merek, serta ribuan pil koplo dan ekstasi.

Direskrimum Polda Jatim, Kombes Gupuh Setiyono mengatakan, barang haram tersebut adalah barang bukti yang didapat petugas dalam operasi penyakit masyarakat selama 10 hari. Mulai tanggal 16 Mei hingga 26 Mei 2019.

"Barang bukti miras dan narkoba ini merupakan sampel dari 5 polres jajaran. Di antaranya Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, dan Pasuruan serta Polda Jatim," kata Gupuh usai seremoni pemusnahan di Mapolda Jatim, Kota Surabaya.

BACA JUGA: Polda Jambi Bidik TPPU Jaringan Internasional Narkoba yang Libatkan Oknum PNS

Dia menjelaskan selama Ramadan, seluruh polres jajaran gencar melakukan razia di tempat-tempat hiburan. Selain untuk menjaga suasana khusyuk ibadah puasa, razia juga dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

"Kami ingin masyarakat, terutama umat muslim khusyuk beribadah. Karena itu, segala hal yang bisa menjadi gangguan harus ditertibkan," katanya.

Selain miras dan narkoba, pihaknya juga mengamankan barang bukti petasan. Benda berbahaya tersebut diamankan dari para pedagang dan produsen di berbagai wilayah.

BACA JUGA: BNNP Jateng Amankan Rp4,8 Miliar Hasil Pencucian Uang Narkoba

"Razia ini masih terus kami gelar, bersamaan dengan operasi Ketupat Semeru," katanya.

Pemusnahan miras dan narkoba ini disaksikan para petinggi forum pimpinan daerah. Di antaranya adalah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi, MUI serta sejumlah pimpinan ormas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal