Polda Jatim Tangkap Lagi 3 Habaib Diduga Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan

Rahmat Ilyasan ยท Selasa, 28 Mei 2019 - 13:19 WIB
Polda Jatim Tangkap Lagi 3 Habaib Diduga Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyampaikan perkembangan penanganan kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura, Selasa (28/5/2019). (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id – Polda Jawa Timur (Jatim) kembali menangkap tiga orang lagi pelaku yang diduga terlibat pembakaran Mapolsek Tambelangan, Kabupaten Sampang, Pulau Madura. Ketiganya merupakan oknum habaib.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, ketiganya ditangkap polisi Selasa dini hari (28/5/2019) di kawasan Madura. Namun, dia belum menyebutkan nama-nama oknum habaib tersebut.

“Sebagaimana disampaikan Kapolda Jawa Timur kemarin ya, kami akan melakukan pengejaran terhadap lima orang yang sudah kami identifikasi. Tiga orang sudah ditangkap lagi. Saya belum dapat informasi namanya siapa,” kata Barung di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (28/5/2019).


BACA JUGA: Polda Masih Buru 5 Oknum Habaib Diduga Pelaku Pembakaran Mapolres Tambelangan


Saat ini, Polda Jatim juga masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiga habaib di Ditreskrimum Polda Jatim. Hingga saat ini, polisi juga masih memburu dua orang lagi oknum habaib yang telah ditetapkan menjadi daftar pencarian orang (DPO) kasus tersebut. Mereka diduga bersembunyi di pesantren-pesantren di kawasan Madura.

Barung mengatakan, Polda Jatim akan terus mengusut kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan itu hingga tuntas. Pihaknya juga akan terus menyampaikan perkembangan kasus itu ke media.

“Ini kan terus berlanjut. Nanti siang mungkin Pak Kapolda akan menyampaikan konferensi pers di hadapan media. Seperti janji Kapolda, kami akan melakukan update terhadap kasus ini. Penegakan hukumnya harus diketahui publik karena ini yang dibakar ruang publik,” katanya.


BACA JUGA: Oknum Ulama Diduga Jadi Otak Pembakaran Mapolsek Tambelangan


Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan sebelumnya mengatakan, pihaknya telah menangkap lima tersangka pembakaran Mapolsek Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura. Salah satunya oknum habaib yang menjadi aktor intelektual pembakaran.

Selain mereka, Polda Jatim masih mendalami lima orang lagi oknum habaib yang juga terkait kasus pembakaran tersebut. Kapolda mengimbau para oknum habaib yang terlibat dalam pembakaran Mapolres Tambelangan pada Rabu 22 Mei itu segera menyerahkan diri ke polisi.

Polda Jatim sebelumnya juga sudah mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh agama di Sampang untuk membantu mengungkap kasus ini. Mereka diharapkan membantu mengungkap kasus pembakaran.

“Kami juga berharap masyarakat Sampang yang memang terlibat, kami minta untuk menyerahkan diri,” kata Kapolda.


Editor : Maria Christina