Polisi Siapkan Gelar Perkara Insiden Drama Kolosal Surabaya Membara

Ihya' Ulumuddin, Antara ยท Senin, 12 November 2018 - 14:37 WIB
Polisi Siapkan Gelar Perkara Insiden Drama Kolosal Surabaya Membara

Potongan video detik-detik korban yang terjatuh dari viaduk kereta api, saat menyaksikan drama kolosal Surabaya Membara. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Polrestabes Surabaya sedang menyiapkan gelar perkara kasus kecelakaan yang menewaskan tiga penonton dalam pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara". Hingga saat ini, polisi masih memeriksa sejumlah saksi dan belum menetapkan satupun tersangka dalam peristiwa tersebut.

"Pemeriksaan terhadap saksi-saksi sampai hari ini masih berlangsung," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sudamiran kepada wartawan di Surabaya, Senin (11/12/2018).

Dia menjelaskan saksi-saksi yang menjalani pemeriksaan berasal dari berbagai pihak, mulai dari penonton yang menyaksikan kejadian itu, pihak panitia, hingga masinis kereta.

Tragedi drama kolosal "Surabaya Membara" terjadi pada Jumat (9/11/2018) malam lalu. Para penonton yang menyaksikan dari atas viaduk rel kereta api berukuran sempit setinggi enam meter di Jalan Pahlawan Surabaya berjatuhan ketika tiba-tiba kereta api melintas dari arah timur. "Tiga korban meninggal dunia dan beberapa lainnya luka berat," ucap Sudamiran.

BACA JUGA:

Pemkot Tak Akan Beri Santunan Korban Tragedi Surabaya Membara

Tragedi Surabaya Membara Menuai Kecaman, Siapa Bertanggung Jawab?


Dia mengungkapkan penyelidikan sementara ini mengarah pada kelalaian yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi. "Siapa yang lalai, apakah masinis atau panitia penyelenggara, sampai sekarang masih sedang kami dalami penyelidikannya," katanya.

Setelah merampungkan penyelidikan, lanjut dia, polisi akan segera menggelar perkara untuk menentukan apakah bisa dilanjutkan ke tingkat penyidikan dan menjerat tersangkanya.

Untuk diketahui, tragedi ini terjadi saat pertunjukan drama kolosal "Surabaya Membara". Sejumlah penonton yang naik di atas viaduk terjatuh. Tiga tewas dan belasan lainnya luka dalam tragedi tersebut.

Peristiwa nahas itu terjadi saat kereta api KRD dari Sidoarjo-Pasar Turi melintas. Penonton yang terjebak di atas viaduk lantas panik dan terjatuh dari ketinggian kurang lebih enam meter. Tak hanya itu, satu penonton juga terlindas roda kereta dan tewas mengenaskan.

Sejatinya, drama kolosal "Surabaya Membara" digelar dalam rangka memeringati Hari Pahlawan 10 November. Drama yang diinisiasi seniman ini menampilkan heroisme arek-arek Suroboyo saat bertempur melawan sekutu.

Pagelaran teater Surabaya Membara merupakan tontonan rutin setiap tahun untuk menyambut Hari Pahlawan. Acara ini dipusatkan di sekitar Monumen Tugu Pahlawan di Jalan Pahlawan Surabaya yang notabene merupakan pusat pertempuran 10 November.


Editor : Himas Puspito Putra