Polisi Tangkap 5 Pelaku Kerusuhan di TPS Sampang, 2 Senpi Diamankan

Ihya' Ulumuddin ยท Rabu, 17 April 2019 - 17:13 WIB
Polisi Tangkap 5 Pelaku Kerusuhan di TPS Sampang,  2 Senpi Diamankan

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat menggelar konferensi pers terkait kasus kerusuhan di TPS 7 Sampang, Madura. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin))

SURABAYA, iNews.id – Tim gabungan Polda Jatim menangkap lima pelaku kerusuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Tapaan Tengah, Tapaan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jatim, Rabu (17/4/2019).

Polisi juga mengamankan barang bukti dua senjata api rakitan dan sejumlah senjata tajam. Kini, para pelaku dan barang bukti sudah dibawa ke Mapolres Sampang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Alhamdulillah, untuk Sumenep, Bangkalan dan Pamekasan Kondusif. Hanya Sampang yang sempat ada keributan. Ada penembakan. Tetapi para pelaku sudah kami amankan. Ada lima orang,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, sesuai pulang dari Sampang, Rabu (17/4/2019).

Luki mengatakan, keributan terjadi akibat perebutan mandat saksi untuk salah seorang anggota caleg. Akibat kerubutan ini, dua kelompok massa terlibat bentrok, hingga terjadi penembakan.

“Mereka berebut mandat saksi untuk caleg yang sama. Tetapi alhamdulillah, berkat kepedulian warga, semua pelaku berhasil kami amankan,” katanya.

BACA JUGA: Bentrok di TPS Sampang Madura, 1 Orang Tertembak

Diberitakan, bentrokan terjadi di TPS 7 Tapaan Tengah, Desa Tapaan, Kecamatan Banyuataes, Kabupaten Sampang, Madura. Insiden ini terjadi karena telah terjadi perampasan mandat saksi pemungutan suara.

Dari informasi yang dihimpun iNews.id, bentrokan terjadi antara massa dari saksi dari Caleg Hanura, Farfar, diketuai Kepala Desa Ketapang Daya, Widjan, dengan massa yang dipimpin Muara, warga Desa Banyuates.

Kelompok Farfar bersama Widjan membawa senjata tajam. Sedangkan Muara CS membawa senjata tajam dan senjata api. Akibat bentrok tersebut, seorang warga dari pihak Farfar dan Widjan, Mansur, mengalami luka tembak.

Korban menderita luka tembak bagian tangan sebelah kiri serta segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Barang bukti berupa enam selongsong dan empat proyektil peluru.

 


Editor : Kastolani Marzuki