Polisi Temukan Ada Aliran Dana Besar Masuk ke Rekening Bank Veronica Koman

Rahmat Ilyasan ยท Jumat, 13 September 2019 - 15:52 WIB
Polisi Temukan Ada Aliran Dana Besar Masuk ke Rekening Bank Veronica Koman

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id – Polda Jawa Timur menemukan aliran dana dalam jumlah cukup besar masuk ke rekening bank Veronica Koman, tersangka hoaks dan provokasi saat pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya. Menindaklanjuti temuan ini, Ditreskrimsus Polda Jatim menyita enam rekening dari dua yang telah lebih dahulu diamankan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, nominal dana yang masuk ke rekening Veronica Koman angkanya cukup besar. Hanya saya, dia enggan menyebut jumlah kisaran pasti besaran uang tersebut.

“Cukup besar sebagai mahasiswa, dana yang masuk gak masuk akal. Aliran dana ini masuknya dari dalam negeri,” ujar Kapolda, saat jumpa pers seusia Salat Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA: Polda Jatim Sudah Ketahui Keberadaan Veronica Koman di Luar Negeri

Selain menemukan aliran uang, penyidik juga mendapati adanya penarikan uang dari rekening Veronica Koman dalam jumlah besar di sejumlah tempat di Papua.

“Iya, ada dana yang masuk dan penarikan di sejumlah tempat di wilayah Papua,” katanya.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada itikad baik maupun respons dari Veronica Koman atas kasus yang membelitnya. Polda Jatim memberikan batas tenggat waktu hingga 18 September bagi tersangka untuk berkomunikasi. Jika lewat dari itu, maka akan dikeluarkan daftar pencarian orang (DPO) secara resmi untuk penangkapannya.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan Kepolisian Australia (Australia Federal Police (AFP),” ucapnya.

Kapolda menghimbau Veronica Koman untuk memanfaatkan waktu yang diberikan penyidik. Sebab sejak penetapan tersangka, tak sekalipun ada komunikasi dengan dirinya maupun anggota keluarganya yang lain. Sementara hasil penyelidikan saat ini, keberadaan tersangka ditengarai ada di Australia.


Editor : Donald Karouw