Polrestabes Surabaya Perketat Pengamanan di Seluruh Kantor PPK

Ihya' Ulumuddin ยท Sabtu, 20 April 2019 - 13:04 WIB
Polrestabes Surabaya Perketat Pengamanan di Seluruh Kantor PPK

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan saat mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan cek pengamanan di salah satu kantor PPK. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Kondisi keamanan Kota Surabaya usai Pemilu 2019 masih terkendali. Sejak pencoblosan hingga pengiriman kotak suara ke Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), prosesnya berjalan lancar.

Alhamdulillah, sampai hari ini Surabaya masih kondusif. Keamanan terkendali. Mudah-mudahan situasi ini (aman dan kondusif) tetap terjaga hingga seluruh proses pemilu selesai,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan kepada iNews.id, Sabtu (20/4/2019).

Kendati demikian, Rudi mengungkapkan antisipasi terus dilakukan. Dia mengaku telah menyiagakan sejumlah pasukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk.

“Sejauh ini (kemanan) tidak ada masalah. Tetapi kami tidak ingin lengah karena segala persiapan telah dilakukan. Saya lebih baik menyiapkan payung sebelum hujan,” katanya.

BACA JUGA: Polri Minta Elite Politik Tidak Keluarkan Pernyataan Provokatif

Antisipasi tersebut berupa pengamanan ektra di titik-titik rawan, terutama di Kantor PPK. Selain penjagaan dari masing-masing polsek, pihaknya juga menambah lima pasukan bersenjata lengkap di setiap  PPK. Mereka inilah yang akan mengawal proses rekapitulasi hingga sampai ke KPU Kota Surabaya.

“Di tempat-tempat tertentu, seperti obyek-obyek vital, kami juga siagakan mobil rantis dan pasukan patroli. Kami tidak ingin terlambat. Begitu eskalasi berubah (ada gangguan) kami siap,” ucap perwira menengah Polri lulusan Akpol 1993 tersebut.

Rudi menyampaikan, selain kekuatan internal Polrestabes Surabaya dengan 2.350 pasukan, pengamanan juga diback-up Brimob Polda Jatim dan perseonel TNI. Antisipasi pengamanan ini akan berlangsung hingga seluruh tahapan pemilu tuntas.


Editor : Donald Karouw