PT KAI Siapkan 40 Armada Tambahan untuk Mudik Lebaran

Ihya' Ulumuddin, Dedi Mahdi ยท Kamis, 12 April 2018 - 11:59 WIB
PT KAI Siapkan 40 Armada Tambahan untuk Mudik Lebaran

Petugas Stasiun Bojonegoro memberi hormat kepada jajaran PT KAI yang berada dalam kereta. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan 40 armada tambahan untuk angkutan mudik lebaran 2018. Penambahan armada itu disiapkan untuk semua rute di Pulau Jawa dan direncanakan mulai beroperasi pada H-7 hingga H+7 lebaran.

Direktur Operasional PT KAI, Slamet Suseno Priyanto mengatakan, setiap momen lebaran selalu ada lonjakan penumpang cukup besar. Rata-rata lonjakan penumpang di momen mudik itu mencapai 20.000 hingga 23.000 penumpang.

“Tahun ini prediksi kami juga akan ada lonjakan penumpang cukup besar. Sekitar 23.000 penumpang. Karena itu, kami sudah mengantisipasinya dari sekarang,” kata Slamet Suseno Priyatno, seusai meninjau perlintasan dan kesiapan angkutan lebaran di Stasiun Bojonegoro, Kamis (12/4/2018).

Dia menambahkan, untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang dan petugas kereta api, pihaknya juga menyiapkan 10 lokasi transit baru. Titik lokasi itu tersebar di seluruh Jawa, bekerja sama dengan PT Industri Kereta Api Madiun.

Slamet melanjutkan, tidak ada masalah untuk persoalan perlintasan. Sejumlah titik rawan juga sudah dicek kesiapannya sejak jauh hari, sehingga saat arus mudik nanti, sudah tidak ada kendala.

"Kedatangan kami hari ini juga dalam rangka mengecek kesiapan itu. Semua akan dievaluasi. Mana saja perlintasan yang rawan dan butuh penanganan. Kami ingin memastikan semua tidak ada masalah, sehingga arus mudik dan balik pada saat lebaran bisa berjalan lancar. Apalagi informasinya, tiket kereta api untuk arus mudik dan balik lebaran yang kami (PT KAI) siapkan telah habus terjual. Padahal, perayaan Idul Fitri masih kurang dua bulan lagi," tuturnya.


Editor : Donald Karouw