Puluhan Warga di Ponorogo Keracunan usai Santap Gulai Ayam

Avirista Midaada, Okezone ยท Minggu, 23 Juni 2019 - 08:29 WIB
Puluhan Warga di Ponorogo Keracunan usai Santap Gulai Ayam

Masyarakat menjadi korban keracunan massal mendapat perawatan di rumah sakit. (Foto: Dok iNews.id).

PONOROGO, iNews.id - Puluhan warga Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim), mengalami keracunan pascamenyantap gulai ayam di acara kenduri warga. Dugaan sementara penyebabnya karena air sumur di dekat kandang sapi.

Kapolsek Jenangan, AKP Haryo Kusbintoro mengatakan, setidaknya 30 warga Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, yang keracunan usai makan gulai ayam.

"Kami sudah dapat laporan. Tadi sudah kami datangi lokasi dan memintai keterangan pemilik rumah dan juru masak," kata Haryo saat dikonfirmasi wartawan pada Sabtu (22/6/2019) malam.

Menurut dia, saat dimintai keterangan, juru masak mengatakan kalau gulai ayam yang digunakan sudah disimpan lama dan telah dipakai sebelumnya.

BACA JUGA: 40 Warga Cianjur Keracunan Ikan Pindang saat Perpisahan Sekolah, 2 Tewas

"Dugaannya bisa juga tercemar dari air sumur yang berdekatan dengan kandang sapi," kata dia.

Saat ini pihak kepolisian masih menunggu hasil laboratorium pemeriksaan sampel makanan dari acara kenduri tersebut yang berupa mie, ayam, tempe, serta air sumur yang diambil.

Sementara itu, puluhan warga pada Sabtu (22/6/2019) terus berdatangan ke Puskesmas Plalangan pascamenyantap makanan di acara kenduri seorang warga bernama Bu Tumirah pada Kamis malam.

"Para korban mayoritas merasa pusing, mual di perut, hingga mengalami muntah-muntah," ujar dia.

Hingga Sabtu petang setidaknya 30 warga dilaporkan keracunan. Mayoritas korban menjalani rawat jalan, namun delapan orang dirawat inap di Puskesmas dan satu orang dirawat di RS Aisyiyah Ponorogo.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal