Ratusan Warga Jombang Salat Idul Fitri Selasa Pagi

Mukhtar Bagus ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 11:59 WIB
Ratusan Warga Jombang Salat Idul Fitri Selasa Pagi

Ratusan warga di Jombang melangsungkan salat Idul Fitri hari ini. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus).

JOMBANG, iNews.id - Sejumlah warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) menggelar Salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Selasa (4/6/2019) pagi. Mereka melangsungkan salat di halaman Pondok Pesantren Asyabab.

"Alasannya, kami berdasarkan hisab kalender internasional dan hasil rukyat, bahwa tanggal 1 Syawal jatuh pada hari ini," kata Pengasuh Pesantren Asyabab, Rudi Cahyo Purnomo, usai Salat Id di wilayah Sambirejo, Kecamatan Jogoroto.

Dia mengatakan, warga sengaja melakukan Salat Hari Raya Idul Fitri lebih awal dari keputusan pemerintah dan umat Islam di Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA: Jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang Sumbar Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Meski berbeda hitungan awal Syawal, dia berharap, umat bisa menyikapi secara dewasa. Lantaran, perbedaan ini cuma masalah fikih saja, sehingga diharap tidak sampai menganggu persatuan dan kesatuan masyarakat muslim bangsa ini.

"Kami anggap ini cuma masalah khilaf dalam urusan fikih," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan tidak ada referensi empiris visibilitas atau ketampakan hilal awal Syawal 1440 Hijriah teramati di seluruh wilayah Indonesia pada Senin (3/6/2019) kemarin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal