Rekonstruksi Mutilasi Guru Honorer di Blitar, Korban Tewas Dibekap

Afnan ยท Rabu, 24 April 2019 - 13:52 WIB
Rekonstruksi Mutilasi Guru Honorer di Blitar, Korban Tewas Dibekap

Reka ulang tersangka Azis saat membacok korban Budi Haryanto dengan parang. Usai dibacok korban dimutilasi kepalanya karena tak muat dalam koper. (Foto: iNews/Afnan)

KEDIRI, iNews.id – Kasus mutilasi dengan korban Budi Hartanto, seorang guru honorer di Kediri yang sempat menggemparkan publik awal April silam memasuki tahap rekonstruksi. Polda Jawa Timur (Jatim) menggelar reka ulang ini di sejumlah lokasi, mulai dari Sanggar Tari milik korban hingga eksekusi di warung kopi milik tersangka dan pembuangan jenazah di Blitar.

Pantauan iNews, kedua tersangka Aris dan Aziz tiba di lokasi warung kopi, Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, dengan pengawalan ketat puluhan polisi, Rabu (24/4/2019). Sementara di sekeliling TKP, ratusan warga tampak berkerumun di lokasi untuk melihat kedua tersangka pembunuhan sadis tersebut.

Sedikitnya ada 38 adegan yang diperagakan kedua tersangka. Dalam rekonstruksi menunjukkan korban awalnya berhubungan badan dengan tersangka Aris dalam kamar. Keduanya lantas cekcok hingga terdengar tersangka Azis yang coba melerai.

Namun amarah korban tak terbendung. Sejurus kemudian korban coba mengambil senjata tajam (sajam) dan mengarahkannya ke tubuh Azis. Serangan itu dapat ditahan, Azis merebut sajam dan membacok korban di bagian lengan atas.

BACA JUGA: 7 Fakta Mutilasi di Blitar, Mulai dari Rp100.000 sampai Masuk Koper

Selanjutnya korban yang tak berdaya dibawa ke kamar dan dibekap tersangka Aris hingga tewas. Dalam rekonstruksi, korban tewas pada adegan ke-11 dan 12. Seorang tersangka selanjutnya pulang dan membawa koper. Tubuh korban lantas dimasukkan ke dalamnya. Karena tak muat, kepalanya dimutilasi, kemudian dimasukan dalam bungkus plastik dan dibuang di lokasi berbeda.

“Rekonstruksi ini berdasarkan pengakuan kedua tersangka. Dari yang kita lihat, semua terjadi secara spontan. Termasuk keberadaan koper, yang diambil pelaku di rumahnya,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (24/4/2019).

Seusai rekonstruksi di warung kopi, polisi melanjutkan reka adegan di Sungai Desa Bleber, Kecamatan Kras, tempat potongan kepala korban dibuang. Setelah itu rekonstruksi berlanjut ke Jembatan Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Blitar. Di lokasi ini kedua tersangka membuang koper berisi tubuh korban dan membakar bajunya untuk menghilangkan jejak.

Proses rekonstruksi dimaksudkan untuk melengkapi berkas penyidikan petugas. Jika nanti ada ketidaksamaan dengan keterangan pelaku saat di-BAP, penyidik Polda Jatim akan mendalaminya kembali.


Editor : Donald Karouw