Remaja Lulusan SMP di Bondowoso Hilang saat Mendaki Bukit Piramid Argopuro

Riski Amirul Ahmad ยท Senin, 24 Juni 2019 - 21:30 WIB
Remaja Lulusan SMP di Bondowoso Hilang saat Mendaki Bukit Piramid Argopuro

Tim SAR gabungan melihat peta untuk proses evakuasi pendaki hilang di Bukit Piramid Argopuro, Bondowoso. (Foto: iNews.id/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id – Thoriq Rizki Ahmad Maulidan, remaja yang baru lulus SMP hilang saat mendaki Bukit Piramid Pugunungan Argopuro, Kecamatan Curahdami, Bondowoso, Jawa Timur. Korban hilang kontak dengan rekan-rekannya seusai menuruni tebing curam di bukit tersebut, Minggu (23/6/2019) sore lalu.

Peristiwa nahas itu terjadi saat korban mendaki bersama tiga teman seangkatannya di SMP Negeri 4 Bondowoso. Ketiga rekan korban yakni, Pungki Pranata, Riski, dan Syafril.

Menurut Pungki, pendakian dimulai Minggu pagi pukul 07.00 WIB melewati jalur Tegal Tengah dengan maksud untuk menikmati sunset di atas bukit. Di tengah perjalanan, Syafril tidak ikut mendaki ke puncak karena kelelahan dan memilih menunggu di bawah.

“Pas Minggu sore, kabut mulai turun kabut. Kami kemudian memilih turun. Dalam perjalanan, si Thoriq (korban) berjalan di depan. Jalannya kencang sekali sampai kami berdua tertinggal jauh. Pas itulah, kami berdua tidak lihat jejaknya lagi. Kami sempat mencari dan memanggil namun tidak ada jawaban,” katanya.

BACA JUGA: Sempat Hilang di Gunung Agung, Pendaki Rusia Ditemukan Petugas dalam Keadaan Lemas

Setelah turun dari bukit, Pungki dan Syafril langsung melaporkan kejadian itu ke relawan. Mendapat laporan tersebut, sejumlah relawan dan keluarga mencari ke lokasi.

Hingga Senin (24/6/2019) sore, pencarian korban yang dilakukan tim SAR gabungan belum membuahkan hasil. Pencarian akan terus dilakukan hingga tiga hari ke depan.

Kapolsek Curahdami, AKP Budi Handoko mengatakan, lokasi penyisirian tergolong sangat curam. Karena itu,  tim akan dibekali mountaineering  atau peralatan pendakian gunung berupa tali temali dan karabiner.

“Ada tujuh orang yang ikut mencari korban sejak Minggu malam. Selama proses pencarian ini, pendakian ke bukit piramid kami tutup sementara,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki