Ribuan Pemudik Gratis Pemprov Jatim Padati Stasiun Wonokromo Surabaya

Ihya' Ulumuddin · Sabtu, 01 Juni 2019 - 19:30 WIB
Ribuan Pemudik Gratis Pemprov Jatim Padati Stasiun Wonokromo Surabaya

Pemudik gratis memadati Stasiun Wonokromo, Surabaya. Mudik gratis via kereta api (KA) dari Pemprov Jatim itu disambut antusias warga. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Ribuan calon penumpang memadati Stasiun Kereta Api Wonokromo, Surabaya, Sabtu (1/6/2019). Mereka memanfaatkan tiket gratis yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk mudik Lebaran. 

Sejak selepas subuh, para penumpang dari berbagai tujuan telah datang untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman di antaranya ke Malang, Banyuwangi, Tulungagung, Madiun, serta sejumlah daerah di wilayah pantura Jatim. 

Petugas Stasiun Kereta Api Wonokromo, Fahmi mengatakan, animo masyarakat terhadap moda transportasi kereta api pada arus mudik cukup tinggi. Apalagi, pemerintah juga menyiapkan tiket gratis. Karena itu, hampir setiap saat kereta penuh. Saking banyaknya, tiket untuk Go Show pun habis. 

"Tiket Go Show sudah habis, termasuk yang berdiri. Mereka yang hari ini berangkat sudah memesan seminggu sebelumnya," katanya. 

BACA JUGA:

Sidak Terminal Bus, Khofifah Pastikan Moda Transportasi Mudik Aman

Anies Lepas 17.427 Warga Mudik Gratis

Menurut Fahmi,  kepadatan penumpang diprediksi akan bertambah banyak pada H-3 lebaran,  atau Minggu (2/6/2019). Selain karena telah memasuki masa cuti bersama, masyarakat juga biasanya memilih mudik di akhir waktu. 

Sebagaimana disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, masyarakat, terutama pegawai (PNS) masih harus mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila, Sabtu (1/6/2019). 

"Pada H-7 biasanya padat,  tetapi animonya masih kalah dengan tahun lalu. Karena sangat mungkin di 1 Juni  anak-anak yang sekolah masih upacara, ASN masih upacara. Sangat mungkin kenaikannya pada hari Minggu," katanya.

Sementara itu, para penumpang mengaku senang dengan fasilitas gratis dari pemerintah ini. Selain karena terjadwal, mereka juga bisa menghemat pengeluaran.  

"Ini sudah tahun kedua kami ikut mudik gratis. Alhamdulillah, nyaman. Bisa menghemat juga. Meskipun harus mengantre lama untuk memesan," kata Devine Indra, pemudik tujuan Tulungagung.    

Seperti tahun-tahun sebelumnya,  Pemprov Jatim menyiapkan tiket mudik dan balik gratis untuk masyarakat. Meliputi tiket gratis untuk bus, kapal dan kereta api. 

Untuk kereta api, Pemprov Jatim menyiapkan lebih dari 113.000 tiket untuk penumpang dengan kereta api lokal Jawa Timur dan regional lintas Daop. 

 


Editor : Kastolani Marzuki